Jelang Lebaran, Mendag Pastikan Stok Gula Aman

0
1.253 views

CILEGON – Usai meninjau Pasar Baru Kranggot Cilegon, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bersama rombongan menuju wilayah Bojonegara, Kabupaten Serang. Kedatangannya di PT Angel Product ini didampingi oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada sejumlah awak media mengaku tujuan kedatangannya di salah satu pabrik gula di Banten ini untuk memastikan persediaan gula akan tercukupi hingga akhir Lebaran. “Kita lihat stok cadangan gula di PT Angel Product berlebih. Berarti stok gula tidak ada kehawatiran,” ujarnya, Kamis (15/6).

Dijelaskannya, untuk di Banten sendiri ada enam perusahaan gula yang mendapat penugasan untuk menyediakan gula di pasar sekitar wilayahnya. “Di Cilegon, Serang harga gula lebih rendah dari hrd (harga referensi daerah) di pasar tradisional. Ada yang di bawah Rp 12.500,” katanya.

Ia mengakui pengendalian harga dan ketersedian gula di pasaran adalah peran dari pemerintah pusat dan setiap kepala daerah baik di provinsi, kota dan kabupaten. “Bulog hanya mengirim ke daerah-daerah yang tak terjangkau. Pasar tradisional diambil alih distributor di wilayah. Karena permintaan gula meningkat sampai 30 persen saat Ramadan,” ucapnya.

Sementara itu, GM PT Angel Product Teuku Banta Seudang membenarkan meningkatnya permintaan masyarakat pada kebutuhan gula. Bukan hanya di Banten, pendistribusian gula di perusahaanya tersebut mencakup wilayah lainnya di Indonesia. “Persediaan 21.000 ton untuk memenuhi kebutuhan se Indonesia,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmai.com)