Jelang Libur Akhir Tahun, Pesanan Kamar Hotel di Anyer Capai 50 Persen

0
614 views
Ketua PHRI Provinsi Banten, Ashok Kumar.

SERANG – Meskipun libur akhir tahun masih beberapa minggu lagi, namun pesanan kamar hotel di kawasan pariwisata bahari Pantai Anyer sudah mencapai 50 persen.

Ketua PHRI Provinsi Banten, Ashok Kumar mengatakan, mayoritas para pemesan datang dari luar kota di antaranya Jakarta, Bandung dan Cikarang.

“80 hingga 90 persen dari Jakarta. Mereka biasanya dua sampai tiga hari sebelum hari H (sudah memesan) dan setiap hotel juga pasti menyediakan paket dari Rp2-10 juta yang terdiri dari makan, event, terompet dan kegiatan kembang api,” katanya, Rabu (7/12).

Faktor cuaca yang kurang bersahabat, lanjut dia, memang sudah tak lagi menjadi faktor utama yang dikeluhkan para pengusaha pariwisata, karena faktor tersebut merupakan kehendak Tuhan yang tidak bisa disangkal.

“Sebenarnya yang menjadi faktor utama itu adalah infrastruktur, karena benar-benar harus diperhatikan. Bisa dilihat, akses jalan tol dari Serang Timur menuju Cilegon Timur itu banyak lubangnya,” ujarnya.

Sedangkan, salah satu akses menuju kawasan pariwisata bahari Pantai Anyer yakni Jalan Lingkar Selatan juga menurutnya harus diperbaiki. “Di jalan lingkar itu masih ada beberapa jembatan yang penuh lubang, kalau sampai liburan Tahun Baru belum diperbaiki pasti akan menimbulkan kemacetan,” katanya.

Ia berharap agar pemerintah memperhatikan sarana dan prasarana pendukung pariwisata salah satunya infrastruktur yang dinilai saat ini masih kurang memadai. “Ya semoga pemerintah bisa perbaiki, karena kan ini juga untuk perkembangan pariwisata di Banten. Karena untuk tahun depan, kita optimis pariwisata Banten bisa berkembang. Yang kita harapkan bisa seperti Bali,” harapnya. (Wirda)