Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Cabai Rawit Hijau di Cilegon Melonjak

0
498 views

CILEGON – Menjelang perayaan natal dan libur akhir tahun harga cabai rawit hijau di Pasar Baru Kranggot Kota Cilegon melonjak menjadi Rp. 65.000 untuk setiap kilo gramnya. Kenaikan harga ini sudah bertahan sejak sepekan lalu.

Kasubag Tata Usaha Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pasar Baru Kranggot Kota Cilegon Muhibin Hasan mengatakan, kenaikan harga cabai rawit hijau menyusul dengan permintaan warga yang semakin meningkat. “Jelang tahun baru dan juga masih suasana bulan mulud maka permintaan (cabai rawit hijau) semakin meningkat. Kalau ukuran harga masih stabil, kenaikan tidak terlalu signifikan,” ujarnya, Kamis (22/12).

Selain cabai rawit hijau, ungkap Muhibin harga kebutuhan bahan pokok tidak ada yang mengalami kenaikan. “Semuanya sama. Karena kalau cabai memang pasokannya kita dapatkan dari Jakarta dan Bandung,” ujarnya.

Sebelum kenaikan harga ini, harga cabai rawit di Pasar Baru Kranggot Cilegon Rp. 60.000 per Kg nya. Walaupun kenaikan harga hanya sebesar Rp. 5000 warga mengaku masih keberatan. Seperti diungkapkan oleh Ali Amran, pemilik rumah makan yang berlokasi di Ciwandan, Kota Cilegon. “Kalau untuk usahakan kerasa. Karena belinya bukan sekilo dua kilo. Apalagi cabai rawit hijau bahan-bahan utama buat sambal hijau,” katanya. (Riko)