Jelang Natal dan Tahun Baru Operasi Truk Dibatasi

0
643 views
Truk pengangkut kebutuhan pokok di Pelabuhan Merak, Kamis (22/6).

CILEGON – Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) mengeluarkan aturan pembatasan pengoperasian truk ekspedisi di Jalur Tol Jakarta-Merak jelang libur natal dan tahun baru 2018 ini. Hal tersebut menjadi salah satu pembahasan dalam rapat persiapan liburan natal dan tahun baru di yang berlangsung di ruang rapat Walikota Cilegon, Selasa (19/12).

Ditemui usai rapat berlangsung, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Banten Jhony Siagian mengungkapkan terhitung pada tanggal 22 Desember pukul 00.00 WIB sampai 23 Desember 24.00 WIB dan pada 29 Desember pukul 00.00 WIB hingga 30 Desember pukul 24.00 WIB aturan pembatasan kendaraan itu mulai berlaku.

“Pembatasan pengoperasi truk ekspedisi itu berdasarkan peraturan Dirjen Hubdar nomor:SK.6474/AJ.201/DRJD/2017 tentang pengaturan lalu lintas pada liburan Natal dan Tahun baru,” terangnya.

Namun demikian ia mengatakan tidak seluruh truk bermuatan yang dilarang pada waktu tersebut. Keterkecualian itu diantaranya untuk angkutan BBM (Bahan Bakar Minyaky, ternak, barang antaran pos atau uang, dan yang mengangkut bahan pokok.

“Kita juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pengamanan natal dan tahun baru, baik kepolisian, TNI, pemkot, pengusaha kapal maupun BMKG,” ucapnya.

Terkait pembatasan truk ekspedisi menjelang natal dan tahun baru itu, Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak, Togar Napitupulu mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut dari BPTD secara langsung.

“Iya memang sudah ada informasi itu. Tapi persoalan ini masih fleksibel, jika memang kondisinya padat aturan itu berlaku tapi jika kosong kita masih diberikan kelonggaran memperbolehkan truk itu melintas,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)