Jelang Pelantikan Jokowi-Ma’ruf, Walikota Edi Imbau Jaga Kondusivitas

CILEGON – Walikota Cilegon Edi Ariadi mengimbau kepada masyarakat Kota Cilegon untuk menjaga kondusivitas Kota Cilegon saat momentum pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin pada 20 Oktober mendatang. Apalagi, di Kota Cilegon akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Demi mewujudkan kondusivitas daerah, Jumat (18/10), Edi bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cilegon, ulama, dan masyarakat menggelar doa bersama di Masjid Agung Kota Cilegon. “Saya lihat masyarakat selama ini bagus, tetap kondusif,” ujar Edi.

Dijelaskan Edi, peran serta seluruh elemen masyarakat sangat penting dalam upaya mewujudkan serta menjaga kondusivitas di Kota Cilegon melalui perannya masing-masing.

Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso pun menuturkan hal yang sama. Menurutnya, seluruh elemen masyarakat harus bersama-sama saling bahu membahu menjaga kondusivitas yang telah terbangun selama ini. “Saya sangat mengapresiasi semangat kebersamaan masyarakat di Kota Cilegon, selama ini saya rasa Kota Cilegon sangat kondusif,” tuturnya.

Termasuk dalam menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden. Ia mengaku, belum mendengar informasi kelompok masyarakat di Kota Cilegon baik yang pro maupun kontra untuk melakukan pergerakan ke Jakarta.

Kendati seperti itu, menurutnya, Polres Cilegon tetap menyiagakan 251 personel untuk mengantisipasi suatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

Polres Cilegon, menurutnya, tidak akan ada kegiatan pengamanan khusus baik di titik-titik objek vital maupun tempat publik di Kota Cilegon. “Tetap kita anggap situasi pelantikan presiden dan wakil presiden sebagai situasi siaga satu, makanya kita meningkatkan kewaspadaan, anggota stand by di kantor. Suatu waktu ada eskalasi, siap bergerak,” tuturnya.

Dalam kesiapsiagaan, Polres Cilegon dibantu oleh sejumlah stakeholder, misalnya TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Pramuka. (bam/aas/ira)