Jelang Pilkada Kabupaten Serang: Empat Partai Isyaratkan Koalisi

0
71
Ilustrasi

SERANG – Empat partai politik (parpol) di Kabupaten Serang mengisyaratkan bakal membangun koalisi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Serang. Adalah Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemarin, (24/9), siang, lima pimpinan parpol dari empat parpol terlihat melakukan pertemuan di salah satu kedai kopi di Kota Serang. Mereka adalah Ketua DPC Gerindra Kabupaten serang Samsul Rizal, Ketua DPC Demokrat Wahyu Megahita, Ketua DPW PAN Provinsi Banten Masrori, Ketua DPD PAN Kabupaten Serang Jaenudin, dan Ketua DPD PKS Kabupaten Serang Mansur Barmawi. Kelima pimpinan parpol tersebut berbincang-bincang santai membicarakan pascapemilihan legislatif (Pileg) 2019 dan menyambut Pilkada 2020.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Serang Wahyu Megahita saat dikonfirmasi Radar Banten membenarkan terkait pertemuannya dengan empat pimpinan parpol lainnya. “Iya, ini kita lagi ngobrol-ngobrol. Ada Pak Samsul Rizal, pak Mansur, ada Pak Masrori, sama Pak Jaenudin,” akunya.

Perempuan yang akrab disapa Mega itu tidak menyangkal, pertemuan itu untuk membangun koalisi dan memungkinkan terjadi koalisi adil makmur di Kabupaten Serang. Kendati begitu, Mega juga berkelit tidak menutup diri untuk partai lainnya. “Koalisi adil makmur plus bisa juga,” kelitnya.

Sayangnya Mega belum menegaskan arah koalisi Pilkada dengan alasan masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat. “Kita nunggu dari DPP dulu, apakah harus melakukan penjaringan atau bagaimana,” kilahnya.

Kendati begitu, diakui Mega, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah kader internal untuk maju pada Pilkada. Menurutnya, banyak kader internal yang potensial duduk di kursi bupati dan wakil bupati. “Ada Pak Eko Susilo, Pak Eki Baehaki, dan Pak Aeng Haerudin, saya juga, dan kader-kader lainnya juga nanti muncul,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kabupaten Serang Jaenudin mengatakan, pertemuan dengan pimpinan PKS, Gerindra, dan Demokrat merupakan komunikasi politik antar parpol. Sayangnya, Jaenudin juga tidak mau menyatakan sikap secara resmi hasil pertemuan kemarin. “Itu silaturahmi saja, kita belum membahas lebih jauh,” kilahnya.

Jaenudin pun berkelit, pihaknya masih berkomunikasi dengan seluruh partai. Katanya, arah koalisi untuk semua parpol masih dimungkinkan. “Dengan siapapun kita terbuka, dengan Golkar atau dengan Gerindra juga masih kemungkinan,” kelitnya.

Senada disampaikan Ketua DPC PKS Kabupaten Serang Mansur Barmawi soal pertemuan yang diakuinya sebagai bagian dari komunikasi politik. “Ya itu hanya silaturahmi saja menghadapi Pilkada, seperti apa posisi PKS dan partai lainnya. Tapi, kita belum menyatakan sikap,” katanya berkelit. (jek/zai)