Beberapa atlet panahan pelajar Kabupaten Serang tampil di kompetisi Sirkuit Panahan Banten di Pandeglang pada November 2017.

SERANG – Panahan Kabupaten Serang telah mempersiapkan arjuna dan srikandi pelajar terbaik yang akan diterjunkan pada multi event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Banten 2018 yang akan digelar di Kabupaten Tangerang. Tim panahan Kabupaten Serang mengusung target mengulang prestasi seperti pada Popda VII Banten 2014 di Kabupaten Lebak dengan meraih gelar juara umum.

Untuk kembali mendominasi perolehan medali di Popda IX, Pengcab Perpani Kabupaten Serang telah menyiapkan 18 atlet, yakni sembilan atlet putra dan sembilan atlet putri. Saat ini, ke-18 atlet  yang akan diturunkan di popda nanti sedang digembleng secara intens untuk meningkatkan ketahan fisik dan mental bertanding.

Kepala Pelatih Panahan Pelajar Kabupaten Serang Upi Nurdianis mengatakan, fisik dan mental menjadi bagian terpenting yang harus dimatangkan jelang kompetisi bergulir. “Kekuatan kami banyak didominasi atlet baru. Bahkan ada beberapa atlet belum pernah turun di kompetisi resmi. Untuk itu butuh jadwal khusus guna mematangkan fisik dan mental. Kalau teknik tidak perlu diragukan lagi,” kata Upi kepada Radar Banten, Minggu (7/1) siang.

Upi menambahkan, meski optimistis anak asuhnya akan kembali mendominasi dalam perburuan medali emas di popda nanti, tapi timnya tetap harus melakukan persiapan semaksimal mungkin. “Kami tidak ingin kecolongan dengan hanya mengandalkan kualitas individu atlet. Bila tanpa didukung persiapan khusus, mustahil prestasi seperti Popda VII dapat terulang. Yang kami khawatirkan saat ini bukan tim lawan, tapi mental bertanding atlet baru. Tapi kami tetap yakin bisa mengatasinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengcab Perpani Kabupaten Serang Rita Prameswari Rivai menyatakan, optimisme pihaknya mampu mengulang prestasi seperti pada Popda VII tidak lepas dari persiapan atlet dan peralatan yang dimiliki pengcab saat ini. “Untuk peralatan tidak ada kendala dan bahkan sudah sangat memadai sekali. Intinya anak-anak tinggal berlatih saja dan semua sudah disiapkan. Mereka (atlet-red) hanya kami minta untuk fokus berlatih, berlatih, dan berlatih saja. Dan bila melihat kualitas atlet, kami sangat yakin bisa kembali sebagai cabor penyumbang medali terbanyak untuk kontingen Popda Kabupaten Serang,” ucapnya. (Andre AP/RBG)

BAGIKAN