Jelang Popnas, Kontingen Banten Siapkan Dua Laga Uji Coba



0
1201
Atlet gulat PPLP Banten berlatih rutin jelang menghadapi Popnas XIV Jawa Tengah 2017 di Sasana Gulat Banten, Kawasan Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Jumat (21/4).

SERANG – Kesiapan kontingen Banten menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV Jawa Tengah, September 2017, dalam waktu dekat akan ada kepastian soal pendanaan. Buat atlet yang menjalani pemusatan latihan dijanjikan mendapat dana pembinaan terhitung Januari 2017 dan atlet yang akan berlaga mendapat jatah uji coba sebanyak dua kali hingga menjelang pelaksanaan popnas.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten Ai Deha Suzana mengatakan, pihaknya memperhatikan serius persiapan yang dilakukan atlet pelajar Banten untuk berlaga di Jawa Tengah. Dispora Banten pimpinan Deden Apriandhi mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada cabor-cabor yang telah rutin melaksanakan kegiatan pemusatan pelatihan.

“Insya Allah akan kita perhatikan. Buat atlet yang tampil di popnas kita siapkan uang pembinaan, hitungannya mulai Januari 2017. Untuk meningkatkan kemampuan, kita siapkan juga dua kali tryout. Tryout pertama sebelum puasa (medio Mei) dan satu lagi jelang berlaga di Jawa Tengah (medio Agustus),” kata Ai, Jumat (21/4).

Ai menambahkan, saat ini Dispora belum menentukan target peringkat buat kontingen Banten. Sejauh ini pihaknya baru melakukan pendataan cabor dan atlet yang berpotensi meraih medali. Dari pendataan ini, pihaknya baru bisa menetapkan target yang akan dicapai Banten di popnas nanti.

“Soal berapa medali emas, masih kita kaji kekuatan atlet kita ada di mana. Kami tidak mau menargetkan yang tidak realistis. Target harus masuk akal dan bisa diperjuangkan,” tegasnya. Termasuk soal cabor andalan, Ai belum mau mengungkap cabor apa saja yang menjadi andalan Banten. Wanita yang baru beberapa bulan menempati pos Sekretaris Dispora Banten ini berharap, semua atlet yang tampil bisa menjadi andalan dalam mendulang medali. “Yang jelas kami ingin atlet Banten melakukan yang terbaik saat tampil di popnas nanti dan mampu mengharumkan Banten,” tandasnya.

Kepala Bidang Prestasi Olahraga Pelajar Dispora Banten Djajuli Khasan menyatakan, saat ini pihaknya secara intens melakukan koordinasi dengan semua cabor dalam hal mempersiapkan atlet terbaik. “Semua cabor sudah mulai pemusatan pelatihan. Bahkan beberapa cabor, khususnya yang ada di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten, sudah ada yang tryout. Kami yakin dengan kualitas atlet pelajar yang dimiliki Banten saat ini, prestasi di Popnas XIV akan lebih baik dari popnas sebelumnya,” ucapnya. (Andre Adisas Putra/Radar Banten)