Jelang Pospeda Banten, FSPP Lebak Target Pertahankan Juara Umum

LEBAK – Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Lebak menargetkan dapat mempertahankan predikat sebagai juara umum pekan olahraga seni antar pondok pesantren daerah (Pospeda) Banten 2019.

Untuk itu, Ketua FSPP Kabupaten Lebak Ade Bujhaerimi meminta kepada 209 kontingen agar bekerja keras supaya tetap menjadi yang terbaik pada Pospeda Banten yang akan digelar 7–9 Oktober di Kota Serang.

“Saya dan rekan-rekan selalu optimistis dapat mempertahankan gelar juara umum di Pospeda Banten 2019. Apalagi kontingen yang akan kita bawa telah berpengalaman dan memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang seni dan olahraga,” kata Ade kepada Radar Banten, Jumat (20/9).

Menurutnya, para santri yang akan berkompetisi di Pospeda Banten telah berlatih dengan baik. Bahkan, mereka dibina secara khusus agar mampu bersaing dengan santri dari kabupaten kota lain di Banten.

“Sebelum diberangkatkan ke Kota Serang, para santri yang akan bertarung dibina terlebih dahulu. Mereka tidak hanya dilatih sesuai cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan. Tapi juga dibina mentalnya agar kuat dan tidak grogi saat bertanding nanti,” paparnya.

Ade menginformasikan, ada 14 cabang olahraga dan seni yang bakal dipertandingkan pada Pospeda Banten 2019. Seperti bola voli, pencak silat, futsal, atletik, dan senam santri. Kemudian, kaligrafi Islam, pidato tiga bahasa, seni kriya, seni hadrah, cipta dan baca puisi, dan stand up comedy.

“Adapun santri yang akan diterjunkan untuk ikut Pospeda Banten sebanyak 209 orang. Terdiri atas 87 orang santri putra, 76 santri putri, 27 orang pelatih, dan 18 orang manajer,” katanya.

Kepala Seksi (Kasi) Pondok Pesantren (Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) Lebak Ajrum Firdaus mengklaim, santri yang akan diikutsertakan dalam Pospeda Banten 2019 telah dilatih dengan baik. Mereka, kata dia, telah mengikuti berbagai tahapan kompetisi di tingkat kabupaten dengan berhasil membawa medali sebagai juara umum.

“Persiapan menghadapi Pospeda 2019 telah mencapai seratus persen. Kita tinggal berangkatkan kontingen ke Serang saja,” katanya.

Ajrum berharap, para santri asal Lebak dapat bekerja keras dan fokus untuk meraih prestasi tertinggi di Pospeda Banten. “Saya selalu yakin Lebak mampu berprestasi di tingkat provinsi,” katanya. (tur/zis)