Jelang Pra PON 2019: Cabor Angkat Besi Andalkan Tiga Atlet

Atlet angkat besi Banten saat mengikuti seleksi jelang Pra PON 2019, beberapa waktu lalu. Cabor angkat besi Banten masih mengandalkan tiga atlet putra untuk merebut tiket PON 2020 di Papua.

SERANG – Cabang olahraga (cabor) angkat besi Banten mengandalkan tiga atlet terbaiknya pada ajang Pra PON 2019. Ketiga atlet tersebut diyakini mampu merebut tiket PON 2020 di Papua. 

Tiga atlet tersebut, yakni Abdul Aziz, Rizki Juniansyah, dan Muhamad Nandi.

Rizki Juniansyah dan Muhamad Nandi tengah berlatih di Sasana Buldog Gym, Kota Serang. Sementara, Abdul Aziz tengah mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) Sea Games 2019 di Jakarta. 

Pelatih PJP angkat besi Banten Muhamad Yasin mengatakan tiga atlet PJP telah dipersiapkan untuk meloloskan Banten menuju PON 2020 di Papua. Yasin optimistis ketiga atlet tersebut mampu mempersembahkan hasil yang terbaik untuk Banten.

“Yang pasti baru ada tiga orang untuk Pra PON 2019, semuanya atlet PJP. Abdul Aziz di kelas 55 kilogram putra, Rizky Juniansyah di kelas 67 kilogram putra, dan Muhamad Nandi di kelas 81 kilogram putra. Abdul Aziz saat ini juga telah dipanggil untuk ikut pelatnas Sea Games 2019,” kata Yasin ditemui di Aula KONI Banten, Rabu (13/3).

Dijelaskan Yasin pada Pra PON 2019 mendatang ada 10 kelas yang bakal dipertandingkan. Lima kelas putra dan lima kelas putri. Tidak seluruh kelas pertandingan angkat besi diikuti Banten. Hanya yang berpeluang merebut tiket PON yang diboyong.

“Kalau mau seluruhnya, ada sepuluh emas yang akan diperebutkan. Tapi Kita tidak bisa turun seluruh kelas, aset kita belum memadai. Kalau untuk tambahan atlet putri kita sudah ada incaran seseorang,” jelas Yasin.

Mengenai persiapan menyambut Pra PON 2019, Yasin menegaskan latihan rutin telah berjalan. Enam hari dalam sepekan, atlet diwajibkan berlatih di Sasana Buldog Gym, Kompleks RSS Pemda, Kota Serang. Dari hasil latihan, kualitas atlet terus membaik.

“Kita latihan di Sasana Buldog Gym. Rutin setiap hari berlatih, kecuali Minggu libur. Saat ini latihan masih persiapan umum, tapi berbaur dengan latihan kompetisi juga. Kita sudah menjalankan tes angkatan, nanti pertengahan April akan ada lagi tes angkatan,” ungkap Yasin.

Terpisah, Humas Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Angkat Berat, Angkat Besi, dan Binaraga Indonesia (PABSI) Banten Agan Sugandi meyakini atlet angkat besi Banten mampu mempersembahkan prestasi terbaiknya pada Pra PON 2019 mendatang. “Atlet PJP terpilih karena prestasinya, juga karena mereka mampu bersaing baik di daerah maupun diluar daerah. Di Pra PON nanti kami optimis bisa lolos,” jelas Agan. (Riko B/RBG)