Jelang Pra PON, Futsal Banten Gelar Uji Coba

CILEGON – Tim futsal Banten menggelar laga uji coba atau tryout sebagai persiapan menghadapi ajang Pra PON 2019. Pada laga uji coba yang berlangsung di GOR ASA Sport Center, Kota Cilegon, Sabtu (12/10), tim futsal Banten menekuk tim Azzara Cilegon dengan skor 10-4.

Meski mendulang kemenangan pada laga uji coba pertamanya, pelatih futsal Pra PON Banten Afri Afdalah mengatakan, anak asuhnya masih perlu perbaikan. Ada beberapa catatan evaluasi dari penampilan laga uji coba itu.

“Ini tryout pertama tim futsal Banten. Alhamdulillah tim kami menang. Tetap masih banyak yang harus dibenahi lagi. Mulai dari setiap menit permainan, dan setiap babak. Pemahaman teknikal anak-anak masih belum baik,” kata Afri, Sabtu (12/10) malam.

Dijelaskan Afri, pemahaman anak asuhnya yang kurang baik tampak saat sejumlah peluang emas yang datang, namun belum bisa berbuah gol. “Jadi banyak momen atau peluang yang dilakukan, tapi karena konsentrasi yang kurang, jadi hasilnya tidak baik,” jelas Afri.

Namun Afri optimistis dengan sisa waktu yang ada, permainan anak asuhnya bakal meningkat sehingga mampu bersaing dengan kontingen dari daerah lain pada Pra PON 2019. “Kita masih ada waktu lebih kurang tiga minggu lagi, kita pun akan tryout lagi ke luar daerah. Latihan di GOR Asa ini juga cukup baik untuk mematangkan mental pemain,” ungkap Afri.

Seperti diketahui, jadwal Pra PON 2019 cabang olahraga futsal bakal berlangsung di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, November mendatang. Tim futsal Pra PON Banten bakal memboyong sebanyak 18 pemain terbaiknya.

“Kita menggelar laga uji coba atau tryout melawan tim Azzara Cilegon sebagai persiapan menghadapi Pra PON di Jatinangor, bulan depan. Seluruhnya, kita ada 18 pemain yang merupakan hasil seleksi selama dua bulan. Kita masih akan mencari satu atau dua pemain lagi, untuk melakukan bongkar pasang,” kata Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Banten, AKBP Edi Iriadi.

Edi berharap tim futsal Banten akan meraih hasil maksimal pada ajang Pra PON 2019. Sesuai target yang diberikan KONI Banten yaitu menembus peringkat tiga besar. “Tim ini akan melaksanakan sentralisasi selama 20 hari ke depan. Kemudian akan mencari sparing partner lagi, untuk mematangkan kemampuan tim agar benar-benar siap. Harapannya tim ini memberi hasil yang terbaik dan lolos ke PON Papua 2020,” jelas Edi. (rbs/ags)