Jelang Ramadan, BPOM Serang Antisipasi Peredaran Makanan Berbahaya

Kepala BPOM Serang, Nurjaya Bangsawan (kanan).

SERANG – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang mengantisipasi peredaran makanan dan obat-obatan berbahaya menjelang bulan suci Ramadan yang tidak lebih dari dua pekan lagi.

“Sebenarnya itu kan agenda setiap tahunnya, kami terus melakukan pengantisipasian dan memastikan terkait semua produk makanan seperti takjil, parcel dan makanan lainnya, agar pelaksanaan ibadah puasa tetap aman,” kata Kepala BPOM Serang Nurjaya Bangsawan, Jumat (12/5).

Menurutnya, BPOM Serang saat ini sudah memiliki tim-tim khusus untuk mengawasi peredaran makanan dan obat berbahaya menjelang bulan suci Ramadan.

“Kita juga ada pengaduan konsumen. Selain itu tim kita juga akan terjun, serta kita akan berkoordinasi dengan kepolisian. Ini saja pak Kapolres Serang Kota sudah antusias sekali,” ujarnya.

Meskipun demikian, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat selaku konsumen untuk tidak takut melapor jika menemukan produk kedaluwarsa, tanpa izin edar atau produk lain yang sekiranya dilarang dan mengandung bahan-bahan berbahaya, sehingga dapat ditindaklanjuti.

“Masyarakat bisa melapor ke pelayanan pengaduan konsumen, dan kepada kami langsung,” ungkapnya. (Wirda Garizahaq/risawirda@gmail.com)