Jelang Ramadan, Tren Baju Muslimah Menjamur

Ramdan 2016
Salah satu model baju muslimah yang dipajang salah satu pedagang di Pasar Rau, Kota Serang. (Foto: Linda)

SERANG – Menjelang Ramadan, tren busana muslimah mulai menjamur. Seperti yang terlihat di Pasar Rau Kota Serang. Berbagai model busana muslimah mulai diminati masyarakat hadir dengan berbagai motif. Untuk mengantisipasi hal ini, para pedagang sudah menyediakan stok dalam jumlah banyak.

Para penjual busana di Pasar Rau Kota Serang menyediakan berbagai model pakaian muslimah terbaru untuk Ramadan dan Idul Fitri nanti seperti gamis, long dress, baju model Utaran, busana Syahrini. Selain itu, ada juga busana Adriana dan Adiba untuk atasan panjang. Model busana Utaran dan Syahrini mendominasi model yang ditawarkan.

“Sekarang lagi tren baju muslimah baju Utaran kayak kacang goreng. Biasanya disebut baju Tapasya dan ini yang paling banyak diminati. Kalau buat atasannya ada baju Adriana sama Adiba buat kemeja panjangnya,” kata Iis (32), pedagang baju Pasar Rau Kota Serang, kemarin, seperti dilansir Harian Radar Banten.

Harga untuk baju Utaran, baju Syahrini, baju Adriana, dan baju Adiba itu bervariasi mulai dari Rp100 ribu-Rp250 ribu. Ini tergantung dengan model baju muslimah yang dibeli.

“Harga baju Utaran bisa mencapai Rp200 ribu ke atas, sedangkan harga baju Adriana Rp100 ribu ke atas, tergantung penawaran dari si pembeli,” katanya.

Tidak hanya model baju yang disebutkan tadi, di Pasar Rau Kota Serang juga memiliki model baju yang sedang tren, yakni baju Nagita Slavina, baju Janet, serta baju Hikmat.

Salah seorang pedagang baju muslimah yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan, baju muslimah yang tren saat ini Baju Janet yang didapatkan dari Mangga Dua, Jakarta. Modelnya yang bagus, bahan bordirannya tidak mudah rusak. Sementara, baju Hikmat, yaitu baju Arab yang juga sedang tren, hanya saja harganya lumayan mahal berkisar Rp1 jutaan. Untuk baju Nagita Slavina, biasanya dijual kisaran Rp200 ribu.

Model busana muslimah yang bervariatif ini belum banyak diminati. Bahkan, sekarang ini pembeli cenderung masih terlihat sepi. Biasanya pembeli di Pasar Rau Kota Serang berbelanja baju muslimah di pertengahan Ramadan mendatang.

Seperti salah satu pembeli Ina (35) saat ditemui di Pasar Rau Kota Serang mengatakan, ia membeli baju Nagita Slavina untuk dijual lagi di rumah. Baju ini diminati masyarakat karena kebanyakan dari orang yang memesan kepadanya menanyakan baju Nagita Slavina.

Berbeda dengan di Pasar Rau Kota Serang, tren busana muslimah di Supermall Cilegon belum banyak. Supermall Cilegon masih menjual baju muslimah model lama. Hal ini diungkapkan pedagang baju yang tidak ingin disebutkan namanya. Menurutnya, baju-baju muslimah di Supermall Cilegon masih model yang tahun sebelumnya belum ada perubahan tren. Berdasarkan survei, kebanyakan para pembeli menanyakan baju sari India, baju Jodha Akbar. Sementara, jarang yang menjual baju Jodha Akbar. Film India masih mendominasi televisi di Indonesia, jadi orang Indonesia suka mengikuti tren yang ada di televisi seperti halnya film India saat ini. (Linda/Radar Banten)