Jelang SEA Games 2019, Semua Cabor Bisa Latihan Gratis di GBK

Sekretaris Menpora Gatot Dewa Broto (Bintang Rahmat/JawaPos.com)

SEMUA cabang olahraga (cabor) oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) diizinkan berlatih di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta untuk mempersiapkan SEA Games 2019 mendatang.

SEA Games 2019 sendiri akan berlangsung di Filipina pada 30 November – 11 Desember 2019. Sebanyak 523 nomor dari 56 cabang olahraga akan dipertandingkan di multi event terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“Izinnya sudah diberikan. Selama untuk pelatnas SEA Games, silahkan. Selama itu buat SEA Games, free,” ujar Sekretaris Menpora, Gatot Dewa Broto, Kamis (3/1), dilansir JawaPos.com.

Gatot menambahkan, cabor yang ingin menggunakan fasilitas di GBK hanya perlu mengirimkan surat secara langsung kepada Kemenpora. “Untuk awal Januari, belum ada surat dari cabor. Rekomendasi (penggunaan GBK untuk latihan, Red) itu datang dari KONI, tapi karena situasi belum oke (terkait kisruh dugaan korupsi, Red), jadi belum ada surat. Cabor juga tampaknya lebih enak langsung ke Kemenpora,” sambung Gatot.

Mengenai anggaran kebutuhan tiap cabor untuk melakukan persiapan seperti training camp dan try out, Gatot menuturkan semuanya masih diurus. “Poinnya, secara administratif akan menyiapkan diri. Masalah anggaran mudah-mudahan akhir Januari sudah bisa digelontorkan,” tutup Gatot. (isa/JPC)