Jelang Seleksi CPNS, Pemda Minta Simulasi CAT

JAKARTA – Pelaksanaan tes CPNS 2014 dengan sistim computer assisted test (CAT) mendapatkan respon positif dari daerah. Bahkan daerah-daerah yang tidak menjadi sasaran simulasi CAT, meminta kesediaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk memberikan sosialisasi.

“Animo pemda untuk CAT ini sangat tinggi. Daerah-daerah di wilayah timur dan tengah seperi Papua, Maluku, Sulawesi malah minta diberikan sosialisasi CAT,” kata Kabag Informasi KemenPAN-RB Suwardi kepada jpnn.com di kantornya, Kamis (17/7).

Banyaknya, daerah yang meminta sosialisasi cukup menyulitkan KemenPAN-RB lantaran SDM-nya sangat terbatas. Meski begitu, menurut Suwardi, pihaknya akan tetap meladeni permintaan sosialisasi ke daerah.

“Untuk wilayah Papua dan Maluku akan kita layani. Mengingat di wilayah tersebut perlu dijelaskan detil tentang bagaimana itu CAT,” ucapnya.

Dia lantas menjelaskan, pelaksanaan simulasi CAT yang hanya difokuskan pada enam daerah karena bekerja sama dengan JobsDB.com, dan MSI. Keenam kota tersebut adalah Bandung (3-4 Juli), Semarang (12 Juli), Denpasar (14 Juli), Surabaya (16 Juli), Makassar (18 Juli), dan terakhir Medan (22 Juli). Sebelumnya simulasi juga sudah dilaksanakan dua kali di Jakarta dan sekali di Bogor. (esy/jpnn)