Jelang Tahun Baru dan Natal, Lokasi Wisata dan Tempat Ibadah Jadi Fokus Pengamanan

0
455 views
Suasana rapa koordinasi pimpinan daerah tentang kesiapan menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten, hari natal, dan tahun baru di pendopo gubernur KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (14/12).

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten memfokuskan perhatian pada lokasi wisata dan tempat peribadatan pada tahun baru dan perayaan hari natal nanti.

Fokus perhatian dan pengamanan tersebut dibahas oleh Pemprov Banten bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah di pendopo gubernur Banten KP3B, Curug, Kota Serang, hari ini, Rabu (14/12).

Plt Gubernur Banten, Nata Irawan mengatakan, berdasarkan laporan masing-masing stake holder pada rapat koordinasi hari ini, jelang tahun baru dan perayaan natal sejumlah persiapan sudah dilakukan. Personel pengamanan, posko, serta hal lainnya sudah dipersiapkan.

“Tadi semuanya sudah memberikan laporan, seperti Kapolda Banten tadi bilang, fokus pengamanan di daerah wisata dan tempat peribadatan,” ujarnya setelah rapat koordinasi pimpinan daerah Provinsi Banten tentang kesiapan menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten, hari natal, dan tahun baru.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Banten, Revri Aroes mengatakan, selaku perwakilan Pemprov Banten pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait seperti pihak kepolisian, pihak pengelola jalan tol, Dinas Pariwisata, ASDP, dan stake holder lainnya.

“Hari ini kita pun akan melakukan rem cek di terminal-terminal untuk mengetahui kesiapan kendaraan,” ujar Revri.

Adapun jumlah kendaraan angkutan yang siap untuk beroperasi pada masa libur tahun baru dan perayaan hari natal, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebanyak 1853 unit, Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 150 unit, bus cadangan sebanyak 100 unit, kapal sebanyak 56 yang beroperasi setiap harinya sebanyak 28 kapal, pesawat 47 airlanes, kereta lokaL 34, kereta listrik Tangerang 46 kereta, kereta listrik Maja sebanyak 10 kereta, dan kereta listrik serpong 36 kereta.

Untuk posko, menurut Revri, bersama pihak kepolisian, sembilan posko disiapkan disetiap kabupaten kota dan satu posko terpadu yang berada di Anyer, Kabupaten Serang. “Setiap posko, khusus dari Dishubkominfo yang tugas sebanyak 10 personel per sip nya,” ujar Revri.

Kapolda Banten,Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru, Polda Banten menerjunkan 1.209 personel yang disebar di seluruh daerah di Provinsi Banten. Jumlah personel tersebut tidak termasuk personel khusus, yang akan diterjunkan jika keadaan diperkirakan tidak kondusif. “Untuk pasukan khusus dari brimob sebanyak dua kompi, lalu sabara dua kompi,” ujar Sigit. (Bayu)