Jelang Tahun Baru, Infrastruktur di Pandeglang Masih Banyak yang Rusak

0
583 views
Pj Sekda Pemkab Pandeglang Fery Hasanudin (kedua dari kiri) bersama Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satrian (kedua dari kanan) dalam rapat koordinasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017, kemarin.

PANDEGLANG – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017, infrastruktur dan penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Pandeglang masih banyak yang rusak. Para pengguna jalan diharapkan berhati-hati ketika melintasi ruas jalan tersebut, khususnya di ruas jalan nasional. Demikian terungkap dalam rapat koordinasi Operasi Lilin Kalimaya 2016 di aula Mapolres Pandeglang, Senin (19/12).

Hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pandeglang, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Fery Hasanudin, Kepala Satpol PP Kabupaten Pandeglang Agus Priyadi Mustika, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pandeglang Cecep Juanda, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Pandeglang Sarif Hidayat, Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna, dan seluruh jajaran Polres Pandeglang.

Ditemui usai rapat, Sekretaris Dishubkominfo Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna mengatakan, beberapa hal yang harus dipersiapkan guna kelancaraan perayaan Natal dan Tahun Baru, yaitu perbaikan PJU dan traffic light (lampu lalu lintas). “Kalau untuk PJU yang kewenangan provinsi di Jalur Mengger-Caringin, ada 19 yang padam. Kalau untuk yang kewenangannya kabupaten, enggak ada. Jadi, kita berikan informasi ke Pemprov, baik itu PJU maupun traffic light mana saja yang harus diperbaiki,” katanya di Mapolres Pandeglang.

Sementara itu, Syarif Hidayat mengatakan, ada beberapa ruas jalan kabupaten yang bakal dilintasi banyak pengguna jalan saat perayaan Natal, dan Tahun Baru, tetapi kondisinya masih dalam perbaikan. Seperti Jalan Majasari-Cikole yang diperbaiki drainasenya sebab saluran air harus diutamakan agar jalan tidak cepat rusak akibat digenangi air. “Hampir 40 persen dari 683 kilometer. Tapi, kita utamakan agar jalan penghubung antar kecamatan ini sudah konek seperti yang ada di Sindangresmi-Munjul, Cadasari-Karangtanjung-Koroncong, Pagelara-Sukaresmi-Panimbang-Patia, sampai ke Bojong-Picung,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Fery Hasanudin mengatakan, semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait bakal diterjunkan agar arus lalu lintas lancar dan para pengguna jalan merasa nyaman. “Kami yakin dengan adanya persiapan ini pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru, insya Allah, kondusif. Ditambah toleransi keagamaan di Pandeglang cukup tinggi,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satriyan mengatakan, personel polisi yang bakal diterjunkan sebanyak 320 personel dari anggota polres, dan polsek dibantu oleh sepuluh personel gegana, dan 30 personel brimob. “Kita harapkan dengan banyaknya personel yang bertugas selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2017, bisa menjaga keamanan dan situasi kondusif sehingga masyarakat bisa merasa nyaman dan tenang,” katanya.

Ary menjelaskan, instansinya mempersiapkan tiga pos pengamanan (pospam) dan satu pos pelayanan (posyan) sepanjang jalur wisata di Pandeglang, mulai dari Alun-alun Berkah Pandeglang, di ruas Jalan Mengger, dan Carita. “Karena keamanan bukan tanggung jawab kepolisian saja maka kita semua harus ikut menjaganya,” katanya. (Adib F/Radar Banten)