SERANG – Rentan terserang virus Middle East Respiratory Syndrom-Corona Virus (MERS-Cov), satu minggu sebelum berangkat ke Arab Saudi, jemaah umroh asal Kota Serang diimbau melakukan Vaksin flu ke Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kantor Kesehatan Pelabuhan Banten II Merak.

“Yang wajib seperti haji menggunakan vaksin flu dan Meningitis untuk mengantisipasi Virus MERS, dan kami mengimbau untuk melakukan vaksin flu,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Serang, Toyalis, pada wartawan saat di temui dikantornya, Rabu (7/5).

Toyalis menuturkan penyebab penyakit Virus Corona (Mers-Cov) dan banyak menyerang orang paruh baya, mengidap penyakit kronis, dengan resiko kematian 31 persen dari penderita, dan sampai sekarang masih terpusat di Timur Tengah.”Makanya sekarang yang datang dari luar negeri khususnya jemaah umroh kita akan melakukan pemantauan,” tuturnya.

Selanjutnya terkait dengan tanda-tanda Virus MERS, ia menghimbau agar jemaah umroh proaktif memeriksa kesehatan. Bila terjadi demam tinggi di atas 38 derajat, batuk, nyeri tenggorokan, dan sesak nafas, ini perlu dicurigai. “Saya berharap para jemaah umroh yang mau berangkat dan sudah pulang, untuk tetap menjaga kesehatan, sehingga tidak terjangkit virus Mers,” tuturnya. (Fauzan)***