Jembatan Cibeureum Pandeglang Dibiarkan Rusak

PANDEGLANG – Jembatan Cibeureum berukuran panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter yang menghubungkan Jalan Ciawi-Idaman, Desa Idaman, Kecamatan Patia, dibiarkan rusak. Keadaan jembatan sangat mengkhawatirkan, selain bisting jembatan sudah runtuh, sebagian badan jembatan juga banyak yang ambrol. Padahal, kerusakan jembatan itu terjadi sejak 2015 lalu.

Warga Kampung Karangtengah, Desa Idaman, Kecamatan Patia Soleh menerangkan, banyak pengendara roda dua yang waswas ketika melintasi jembatan tersebut. Oleh karena, saat melintas di badan jembatan kerap terdengar suara akan ambruk. “Ngeri kalau bawa motor melintas di jembatan itu. Jembatannya, suka bergoyang-goyang,” kata Soleh kepada Radar Banten, Senin (9/9).

Dia memastikan Jembatan Cibeureum tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat, karena separuh jembatan sudah berlubang. “Kalau mobil sama sekali enggak bisa lewat. Selain lubangnya besar juga khawatir jembatan ini tidak kuat menahan beban kendaraan. Jika dipaksakan, pasti akan bahaya,” katanya.

Tokoh pemuda desa setempat itu berharap, Pemkab segera melakukan perbaikan jembatan tersebut. Tujuannya, agar mobil bisa masuk Desa Idaman. “Jembatan itu merupakan satu-satunya akses warga menuju Desa Ciawi dan menuju Kecamatan Patia,” katanya.

Soleh meyakini, jika Jembatan Cibeureum itu diperbaiki, ekonomi masyarakat Desa Idaman akan semakin maju. “Pastinya kalau jalan ini bagus, ekonomi masyarakat juga bisa lebih meningkat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Idaman, Kecamatan Patia Ilman mengatakan banyak menerima keluhan dari warga terkait rusaknya Jembatan Cibeureum. “Iya saya juga banyak mendapatkan keluhan dari warga. Karena mereka kesulitan saat melintasi di jembatan itu,” katanya.

Ilman mengaku sudah mengusulkan perbaikan jembatan tersebut ke Pemkab sejak tahun lalu. Namun, kata dia, hasilnya nihil alias belum juga direalisasi. “Udah beberapa kali mengusulkan. Namun, hingga kini belum juga ada realisasinya,” katanya.

Dihubungi melalaui telepon seluler, Camat Patia Atang Suhana berjanji bakal mengusulkan kembali perbaikan Jembatan Cibeureum kepada Pemkab Pandeglang.  “Dulu itu pernah ada dua jembatan Cibeureum yang diusulkan. Tetapi yang direalisasi hanya satu titik. Yaitu Jembatan Cibeureum yang ada di Desa Babakankeusik,” katanya. (her/zis)