Jenazah Rampok Minimarket Dipulangkan

0
2.764 views

SERANG – Jenazah Ajiji (27) akhirnya dijemput oleh pihak keluarga di RS dr Drajat Prawiranegara, Kota Serang, Senin (8/1). Mayat anggota komplotan rampok spesialis minimarket itu akhirnya diboyong ke Lampung.

“Sudah dibawa tadi (kemarin-red). Sebelumnya ibu dan kakaknya menolak mayatnya karena pelaku di sana ada kasus curanmor dan maling kotak amal,” kata Kasubdit III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Banten Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sofwan Hermanto kepada Radar Banten, Senin (8/1).

Ajiji tewas setelah empat butir timah panas menembus tubuhnya, Minggu (7/1) dini hari. Salah satu pelaku komplotan rampok spesialis minimarket itu ditembak Tim Reserse Mobile (Resmob) Polda Banten di Gerem, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Peristiwa itu berawal ketika polisi menyergap warga Ketapang, Desa Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, itu di simpang Cilegon dekat Masjid Al-Hadid, Sabtu (6/1) sekira pukul 21.10 WIB. Setelah tertangkap, polisi membawa pelaku untuk mengambil barang bukti sajam di daerah Gerem.

Residivis kasus curanmor dan curas itu menyerang petugas dengan senjata tajam (sajam) yang digunakan untuk merampok minimarket. Serangan pelaku menyebabkan pangkal lengan kiri Brigadir Polisi Satu (Briptu) Endra Gunawan terluka. Tak mau ambil risiko dan buruannya kabur, Tim Resmob Polda Banten di bawah pimpinan AKBP Asep Sukandarisman terpaksa melepaskan tembakan ke arah pelaku. Pelaku tersungkur setelah tiga butir timah panas bersarang di dada dan satu di perut. “Akhirnya kakak dari pelaku mau menerima. Mantan istrinya juga dihubungi tidak mau menerima,” kata Sofwan.

Komplotannya diketahui telah enam kali melakukan aksi perampokan di sejumlah minimarket. Di antaranya, di Bogor, Cikande, dan Serang. Modus komplotan ini, yaitu mengancam korban dengan sajam lalu menguras isi brankas. “Pelaku lain masih dalam pencarian,” kata Sofwan.

Sebelumnya, polisi meringkus empat pelaku perampok spesialis minimarket dari kelompok berbeda, Rabu (3/1) lalu. Dalam penyergapan yang dilakukan di lokasi terpisah, Tim Resmob berhasil meringkus Der (22), warga Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Serang. Uj (22), warga Kaduagung, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, dan Ma (27), warga Banjarsari, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. Lalu Roh (23), warga Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Polisi juga menyita tiga unit sepeda motor serta ponsel hasil kejahatan. (Merwanda/RBG)