Jenderal Gatot: Banten Aman untuk HUT TNI

0
112
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memantau pengobatan gratis di Pelabuhan Indahkiat, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Kamis (28/9). FOTO: ALWAN/RADAR BANTEN

CILEGON – Banten dinilai aman untuk lokasi perayaan HUT ke-72 TNI. Pemilihan Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, sebagai lokasi HUT juga dianggap strategis untuk menyatukan semua kekuatan satuan TNI.

Penilaian itu disampaikan langsung Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat mengunjungi acara bakti sosial di Pelabuhan Indah Kiat, Kamis (28/9). Ia didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila F Moeloek.

Jenderal Gatot dan Nila datang ke lokasi acara menggunakan helikopter dengan warna dominan abu-abu dan mendarat di KRI Soeharso. Sesampainya di lokasi Jenderal Gatot dan Nila langsung masuk ke tenda tempat warga mengantre untuk mengikuti pengobatan gratis.

Jenderal Gatot mengatakan, Banten merupakan lokasi yang tepat untuk menyatukan penampilan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. “Semua bisa ditampilkan di sini, selain itu Banten juga kami pilih karena faktor keamanan dan sebagainya,” katanya kepada Radar Banten, Kamis (28/9).

Kata Jenderal Gatot, pelaksanaan HUT TNI di Kota Cilegon akan menampilkan kekuatan militer Indonesia seutuhnya. “Kami akan mempertunjukkan kemampuan persenjataan yang dimiliki TNI. Ini juga kami lakukan untuk melaporkan kepada Presiden dan seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Kata dia, ada alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang baru dimiliki TNI yang akan ditampilkan. “Semua akan kami tampilkan. Lihat saja nanti, kalau saya jelaskan sekarang nanti tidak nonton,” tuturnya.

Sementara itu Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkapkan, keterlibatannya dalam bakti sosial yang merupakan rangkaian acara HUT TNI kemarin dalam bentuk menyediakan pengobatan gratis untuk melayani kesehatan masyarakat

Nila membentuk Tim Tenaga Kesehatan Nusantara di seluruh Indonesia dan salah satunya yang ada di Pelabuhan Indah Kiat. “Mulai dari tim dokter sampai laboratorium kami siapkan,” ujarnya.

Menurut Nila, kegiatan bakti sosial HUT TNI kemarin menjadi salah satu momentum penting bagi masyarakat. Ia berharap gerakan hidup sehat yang digagas Kemenkes dan TNI bisa ditularkan ke semua kementerian. (Alwan/RBG)