Bupati Lebak Iti Octavia meninjau perbaikan pintu masuk kawasan Baduy di Ciboleger.

RANGKASBITUNG – Presiden Joko Widodo akan ke Kabupaten Lebak pada 19-20 Juli 2016. Kedatangan Jokowi di Bumi Multatuli nanti untuk menyambangi masyarakat adat Baduy di Kecamatan Leuwidamar, memantau mega proyek Waduk Karian di Kecamatan Sajira, dan pabrik semen Merah Putih di Kecamatan Bayah.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama jajarannya telah mempersiapkan kedatangan Jokowi. Misalnya menata pintu masuk Baduy Luar di Desa Ciboleger, Kecamatan Leuwidamar. Penataan dilakukan mulai dari Tugu Selamat Datang di Desa Ciboleger hingga jalan setapak sepanjang 167 meter menuju rumah dinas Jaro Baduy Luar. Pemerintah Kabupaten Lebak memasang paving block di jalan itu.

“Selain karena akan dikunjungi Pak Presiden, Baduy Luar atau gerbang utama menuju Baduy ini memang patut ditata. Baduy ini destinasi wisata yang sudah terkenal hingga ke mancanegara,” kata Iti. “Insya Allah, Senin (18/7) pekan depan, penataannya sudah rampung,” ujar Bupati diamini Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas Bina Marga (DBM) Kabupaten Lebak Entoy Saepudin di Ciboleger, Jumat (15/7).

Bagi Iti, kedatangan Presiden ke Kabupaten Lebak untuk kali kedua dalam waktu kurang dari sebulan itu merupakan kehormatan dan kebanggaan Pemkab dan masyarakat Lebak. Ramadan lalu, Jokowi datang ke Lebak dan membagikan paket sembako. “Waktunya (kedatangan Jokowi-red) masih tentatif antara tanggal 19-20 Juli ini. Tapi, pada prinsipnya kita sudah siap menerima kunjungan Pak Presiden kapan pun. Kali ini, kita jauh lebih siap dikunjungi,” tandas Iti.

Kedatangan Jokowi itu, menurut Bupati, akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Lebak yang tengah gencar dilakukan, terutama pada mega proyek Waduk Karian, Tol Serang-Rangkasbitung-Panimbang, Kota Baru Maja, dan Jalan Rangkasbitung-Maja-Parung Panjang-Serpong.

“Kita juga berharap percepatan pembangunan akses double track commuter line Maja-Rangkasbitung sehingga tahun ini cummuter line sudah sampai ke Stasiun Rangkasbitung,” harapnya. (Nurabidin/Radar Banten)