JPS Ditargetkan Rampung Sebelum Lebaran

Walikota Serang Syafrudin (dua dari kanan) didampingi Kadiskominfo Kota Serang W Hari Pamungkas (kanan) berbincang dengan warga terdampak di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, beberapa waktu lalu.

SERANG – Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap dua dari Pemkot Serang untuk warga terdampak Covid-19 mulai disalurkan. Bantuan berupa sembako ini ditargetkan rampung sebelum Lebaran Idul Fitri.

Pembagian sembako oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang telah dilaksanakan sejak Sabtu (16/5) lalu. Sebanyak 50 ribu Kepala Keluarga (KK) bakal menerima sembako masing-masing senilai Rp200 ribu.

“Sebelum lebaran sudah sampai, paling tidak pemkot membantu meringankan beban masyarakat,” kata Kepala Dinsos Kota Serang Poppy Nopriadi kepada Radar Banten, Senin (18/5).

Dijelaskan Poppy, sebelum diterima warga terdampak, paket sembako itu diserahkan berjenjang. Mulai dari tingkat Kecamatan hingga RT.  “Kalau penyalurannya, kita berupaya mengantarkan langsung bantuan (sembako-red) kepada warga melalui perangkat kelurahan yaitu RW dan RT,” katanya.

Poppy menegaskan kepada pihak kelurahan agar penyaluran tahap dua ini tepat sasaran. “Kalau ditemukan datanya ganda, maka langsung diperbaiki,” tegasnya. 

Terkait sembako, Poppy memastikan telah sesuai rekomendasi dari Inspektorat Kota Serang.

Hal itu berdasarkan hasil riview Inspektorat Kota Serang dan evaluasi DPRD Kota Serang dalam penyaluran tahap pertama. “Kalau soal kualitas kita sudah sesuai dengan rekomendasi inspektorat,” terangnya.

Sementara terkait tambahan jumlah penerima bantuan, harus dibahas lebih dahulu bersama Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). “Memang kemampuan kita baru untuk 50 ribu KK. Kalau ada penambahan harus dibahas TAPD. Makanya kita fokus penyaluran untuk 50 ribu KK terlebih dahulu,” katanya.

Pada bagian lain, Ketua Umum DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Serang meminta Pemkot Serang memastikan sembako yang diterima masyarakat sesuai dengan anggaran. 

Hal tersebut telah disampaikan langsung kepada Walikota Serang Syafrudin, kemarin (18/5). “Ada beberapa hal yang kita sampaikan, termasuk tadi soal kualitas sembako. Pak Wali juga bersepakat,” pungkasnya. (fdr/nda)