Juara I Lomba Kebersihan Jadi Modal RW 01 Pematangpasar

0
226 views

KRAGILAN – RW 01, Kampung Pematangpasar, Desa Pematang, Kecamatan Kragilan, punya modal. Salah satu RT-nya, yakni RT 01, meraih juara pertama lomba kebersihan tingkat desa pada Agustus 2020. Karenanya, warga RW ini yakin bisa bersaing dengan RW lain di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Hasil lomba kebersihan tingkat desa akan ditingkatkan. Kebersihan saluran air pembuangan di RW ini menjadi prioritas warganya.

“Kami, pas peringatan 17 Agustus kemarin, berhasil meraih juara satu lomba kebersihan tingkat desa. Hasil penataannya juga masih ada. Untuk LKBA, akan kami tingkatkan lagi,” ujar Ketua RT 01 Juli pada Selasa (13/10).

Beberapa rencana penataan kampung yang akan dilakukan, menurut Juli, antara lain adalah mendekorasi lingkungan kampung serta meningkatkan penghijauan dengan tanaman sayur dan apotek hidup.

“Saluran air itu sudah bersih, tapi mau kami rapikan lagi agar tidak ada genangan air untuk mencegah penyakit dan menjaga agar lingkungan kami tidak banjir,” jelas Juli.

Untuk keamanan, katanya, pos ronda di Pematangpasar ada beberapa unit. Satu pos ronda utama, telah dibangun warga secara permanen.

“Yang masih belum itu peralatan pos ronda. Saat ini, warga masih fokus kebersihan,” kata Juli.

Plt Kepala Desa Pematang Adhaq menyampaikan bahwa beberapa agenda penataan Kampung Pematangpasar memang belum semua dilakukan warga. Di antaranya, penghijauan dengan apotek hidup dan tanaman sayur.

“Kalau untuk bunga sudah terlihat di beberapa titik. Di rumah-rumah warga, yang perlu ditingkatkan itu sayuran dan apotek hidupnya,” ujarnya menilai. (rio/don)