Juara I TTG Tingkat Provinsi Banten, Sasmito Siap Menerima Order

CILEGON – Koordinator Forum Posyantek Kota Cilegon, Sasmito yang juga seorang kreator pencipta mesin guna proses produksi abon spesialis ikan yang telah membawa Kota Cilegon sebagai juara kesatu di gelaran Teknologi Tepat Guna ke-XII tingkat provinsi Banten tahun 2016 ini mengaku siap menerima pesanan pembuatan mesin tersebut untuk masyarakat umum dengan membuka tarif per mesin Rp6 Juta.

“Baru ada satu ini. Inshaa Allah akan dibuat secara masal jika ada orderan dan dukungan dari Pemkot Cilegon. Rp6 juta sudah bisa kita jual,” ucapnya, Senin (9/8/2016).

Dikatakan Sasmito proses pembuatan satu mesin tersebut hanya membutuhkan waktu selama 14 hari dengan modal yang dikucurkan lebih kurang mencapai Rp 3 juta. “Inovasinya termotivasi dari mesin pemotong singkong. Bukan hanya untuk ikan lele, tapi semua ikan juga bisa dipakai oleh mesin ini, bahkan juga ayam,” ujarnya.

Diungkapkan Sasmito, ide pembuatan mesinnya itu berawal dari banyaknya warga Kota Cilegon yang melakukan budidaya ikan lele dan pembuatan abon lele yang masih secara manual. “Sebelumnya saya yang juga sebagai anggota KTNA di bidang teknologi bertemu dengan pembudidaya lele dan pembuat abon lele secara manual. Saya tawarkan mereka siapa yang mau menggunakan mesin dan Bu Qomariah menyambut baik, dari situ saya terinspirasi untuk membuat mesin ini,” katanya.

Lebih lanjut Sasmito menjelaskan mesin yang menggunakan tenaga listrik yang ia ciptakan tersebut sudah dapat berfungsi hanya dengan dialiri aliran listrik empat Amper. “Kita di Posyantek bukan hanya bekerja membuat mesin, tapi juga untuk pemberdayaannya,” ujar Ketua Posyantek Kecamatan Jombang, Kota Cilegon ini. (Riko)