Gubernur Rano Karno saat memberikan pembekalan kepada kafilah Banten.

MATARAM – Gubernur Banten Rano Karno menjanjikan hadiah ibadah umrah kepada kafilah Banten jika menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Hadiah ini untuk memotivasi kafilah agar memberikan prestasi terbaik untuk Banten.

“Sejak dua tahun belakang ini, kita masuk tiga besar, bahkan tahun lalu kita di Batam berhasil juara kedua. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa naik satu tingkat lagi untuk menjadi juara umum,” kata Rano Karno saat memberikan pembekalan kepada kafilah Banten di aula Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (30/7)

Menurutnya, Provinsi Banten ini merupakan provinsi yang terkenal dengan religiusnya dan memiliki qori-qoriah yang mumpuni, namun hingga kini belum berhasil meraih juara umum MTQ tingkat nasional.

Menurut Rano, peluang Banten meraih juara umum tahun ini sangat terbuka lebar karena peserta dari daerah lain banyak yang berguguran, didiskualifikasi, dan tidak memenuhi persyaratan.

“Kalau memang tahun ini ada peluang bagi Banten untuk meraih juara, ambil peluang itu,” harapnya sambil berjanji jika kafilah Banten berhasil meraih juara umum, para juara akan diberangkatkan umrah.

“Saya akan berangkatkan umrah dengan dana pribadi, kalau Pemprov tidak memiliki anggaran,” sambung Rano.

Rano menambahkan, jika Banten berhasil menjadi juara umum, diharapkan bisa menjadi modal dalam mempercepat pembangunan islamic center.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Banten akan membangun islamic center di Kota Serang. “Nantinya salah satu fungsi keberadaan islamic center tentu akan kita jadikan sebagai pusat keagamaan dan digunakan bagi pembinaan qori-qoriah belajar membaca Quran,” ungkapnya

Kepala Sekretariat LPTQ Banten Eka Suryalesmana menambahkan, selain dijanjikan pemberangkatan umrah, LPTQ juga menyediakan uang kadedeuh bagi para juara MTQ.

“Untuk juara I diberikan uang sebesar Rp100 juta, juara II Rp75 juta, dan juara III diberikan sebesar Rp50 juta,” katanya melalui rilis kepada Radar Banten Online, Minggu (31/7) pagi. (Fauzan Dardiri)