Juara Umum MTQ Banten Enam Kali, Tangsel Raih Piala Tetap

0
1.021 views
Ketua Harian LPTQ Banten Syibli Syarjaya, Wagub Banten Andika Hazrumy, dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat penyerahan piala juara umum MTQ Banten.

SERANG – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVII tingkat Provinsi Banten resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di aula pendopo gubernur, Sabtu (15/8) pukul 10.00 WIB.

MTQ yang berlangsung sejak Senin (10/8) lalu di Masjid Raya Albantani tampil sebagai juara umum kafilah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan perolehan poin 138. Prestasi ini menjadikan Tangsel meraih juara umum enam kali secara berturut-turut. Karena itu, Tangsel berhak mendapatkan piala tetap juara umum MTQ Banten.

Sementara peringkat kedua diraih Kabupaten Serang dengan poin 124, ketiga Kabupaten Pandeglang poin 75, keempat Kota Tangerang poin 69, kelima Kota Serang poin 34, keenam Kabupaten Tangerang poin 29, ketujuh Kabupaten Lebak poin 27, dan kedelapan Kota Cilegon dengan poin 8. Akumulasi poin tersebut diperoleh dari poin peringkat juara yang diperoleh di setiap cabang/golongan lomba. Juara pertama mendapat poin lima, juara kedua mendapat poin tiga, dan juara ketiga mendapat poin satu.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat memberikan sambutan mengungkapkan rasa syukur penyelenggaraan MTQ XVII tahun 2020 tingkat Provinsi Banten telah dilaksanakan dengan baik. “Tentu dengan kondisi menghadapi pandemi Covid-19, pelaksanaan MTQ berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Salah satu contoh tadi telah diutarakan oleh Ketua Pelaksana MTQ bahwa pelaksanaan MTQ tahun dilaksanakan secara tertutup. Tidak bisa dihadiri oleh pendukung masing-masing kafilah,” ungkap Andika.

Andika melanjutkan bahwa syiar MTQ XVII disiarkan secara online. Ini salah satu perbedaan dari tahun tahun sebelumnya. “Insya Allah inti dari pelaksanaan MTQ yaitu tidak hanya peserta dan Dewan Hakim yang mendapat keberkahan Alquran, tapi seluruh masyarakat Banten. Semangat mengejar kebaikan atau fastabiqul khoirot. Ini menjadi kekuatan kita semua. Di tengah Covid-19, masyarakat Banten masih bisa bangkit dan berkembang,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Andika memberikan apresiasi kepada panitia dan jajaran. Walaupun dengan waktu yang sangat cepat pelaksanaannya dan tempat yang sangat terbatas, tetapi dapat melaksanakan seluruh cabang yang dimusabaqahkan.

Kepada LPTQ Provinsi Banten, Andika juga memberikan apresiasi karena tahun ini mencanangkan LPTQ Award. LPTQ Award intinya untuk dapat merangsang seluruh pemerintah daerah di Banten untuk memaksimalkan anggaran pembinaan dan meningkatkan kualitas kafilahnya karena kafilah yang menjadi juara akan mewakili Banten pada MTQ nasional.

“Saya ucapkan selamat kepada kafilah yang menjadi juara,” ungkapnya. Bagi yang belum juara, lanjut Wagub, agar terus berlatih dan meningkatkan kemampuannya.

Walikota Tangerang Selatan Airin Fachmi Diany bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangerang Selatan yang sudah memberikan dedikasi luar biasa.

“Alhamdulillah Tangsel juara umum lagi di MTQ tingkat Provinsi Banten, yang keenam kalinya secara berturut-turut. Dan ini berarti juara umum yang ketujuh. Ini menjadi hal capaian yang luar biasa,” ungkap Airin usai acara penutupan didampingi Ketua Harian LPTQ Kota Tangerang Selatan Muhamad Sobron Zayyan, Kepala Kemenag Kota Tangerang Selatan Abdul Rozak, dan sejumlah pejabat Pemkot Tangerang Selatan, Sabtu (15/8).

Airin berharap dengan adanya juara MTQ ini ada suatu hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi MTQ tingkat nasional agar Banten kembali juara umum seperti yang diharapkan, sebagaimana sudah terjadi pada tahun 2016 lalu. “Mudah mudahan ini sebagai syiar dari agama kita. Masyarakat untuk terus diimbau dan diajak setiap hari untuk biasa mengaji Alquran, memahami Alquran, dan melaksanakan ada kehidupan sehari-hari,” ungkap Airin.

Disinggung mengenai bonus bagi kafilah setelah juara umum, kata Airin, dulu bonusnya ibadah umrah. “Tahun ini umrahnya gak bisa. Mudah-mudahan tahun depan sudah dibuka ibadah umrahnya atau tahun ini juga,” harap Airin.

MTQ XVII Provinsi Banten dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, dan lainnya. Penutupan MTQ menerapkan protokol kesehatan dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube LPTQ Provinsi Banten dan aplikasi Zoom Meeting. (aas)