Pejudo putri Kabupaten Tangerang, Amanah Nur Istiqomah (kanan) salah satu andalan Pengcab PJSI Kabupaten Tangerang untuk meraih medali emas pada Porprov V Banten 2018, November mendatang.

SERANG-Tim judo tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018, Kabupaten Tangerang yang akan berlangsung pada November mendatang mengusung target tinggi. Gelar juara umum menjadi bidikan tim asuhan Hearviner pada multi event terbesar Banten tersebut.

Tidak sekadar memasang target tinggi, bidikan Amanah Nur Istiqomah cs meraih juara umum pada porprov nanti hanya ingin mengulang capaian empat tahun lalu. Diketahui, tim judo Kabupaten Tangerang sukses merajai Porprov V Banten 2014 yang digelar di Kota Serang.

Pelatih Judo Kabupaten Tangerang, Hearviner mengatakan, saat ini 14 atlet yang terdiri dari tujuh atlet putra dan tujuh atlet putri tengah berlatih intensif agar target mengulang capaian seperti pada Porprov V Banten 2014 tercapai. “Peluang kami untuk mengulang capaian seperti empat tahun lalu terbuka lebar. Itu karena kekuatan kami saat ini tidak jauh berbeda dari porprov lalu. Bahkan hampir 80 persen atlet peraih medali emas di Kota Serang tahun 2014 akan menjadi kekuatan inti kami. Saat ini kami hanya butuh menjaga performa agar tetap stabil hingga digelarnya porprov pada November nanti,” kata Hearviner kepada Radar Banten, Senin (11/6) siang.

Mantan atlet judo Banten ini menambahkan, dengan memiliki atlet berkualitas dan sekaligus bertindak sebagai tuan tumah, ia semakin optimistis mampu lebih cemerlang di porprov tahun ini. “Dukungan suporter sangat memiliki pengaruh besar atas penampilan atlet. Sekarang kami bermain di kandang sendiri dengan dukungan penuh supporter. Tentunya tidak ada alasan untuk kami tidak meraih juara umum lagi. Apalagi atlet yang kami turunkan diantaranya adalah juara nasional, seperti di Popnas 2017 di Jawa Tengah dan Kejurnas Kartika Cup 2018. Bahkan lima atlet kami merupakan penghuni pelatnas,” imbuhnya.

Meski yakin mampu menjadi yang terbaik, ia tetap meminta anak asuhnya waspada dan memperhitungkan kekuatan yang tak terduga, terutama dari atlet dua tetangga terdekat, yakni Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. “Sudah pasti kekuatan judo Banten tidak hanya ada di Kabupaten Tangerang saja. Kota Tangerang dan Tangsel juga sudah mulai bergeliat dan bahkan hampir bisa menyamai atlet kami. Untuk itu saya selalu mengingatkan anak-anak untuk tidak memandang remah siapa pun lawannya. Karena sekecil apa pun kesalahannya bisa berakibat fatal,” tegas wanita yang juga wasit judo nasional ini.

Sementara itu, salah satu atlet judo andalan Kabupaten Tangerang, Amanah Nur Istiqomah berharap, sebelum berjibaku di porprov nanti ia dan rekan-rekannya diberi kesempatan untuk melakukan beberapa kali try out sebagai pematangan persiapan. “Kami berharap sekali KONI Kabupaten Tangerang memberi kesempatan beberapa kali try out. Entah itu keluar daerah atau masih di seputaran Banten. Yang penting ada barometer bagi tim pelatih untuk menilai kesiapan keseluruhan kami. Kalau ada yang kurang, kami bisa melakukan pembenahan agar di porprov nanti meraih yang terbaik,” ucap atlet Pelatnas Asian Games 2018 itu. (dre/sr)