Pejudo putri Kabupaten Tangerang Putri Marzella (kanan) diandalkan untuk meraih medali emas pada Porprov V Banten 2018, November mendatang.

SERANG – Pengcab Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Kabupaten Tangerang optimistis kembali mendominasi perolehan medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018. Selain faktor tuan rumah, cabor judo Kabupaten Tangerang juga memiliki rekor selalu merajai perolehan medali emas sejak multievent olahraga terbesar se-Banten ini pertama kali diselenggarakan.

Kepala Pelatih Judo Kabupaten Tangerang Ahmad Halim Suherman mengatakan, selain karena faktor tuan rumah, pihaknya memiliki sejumlah modal penting untuk kembali mempertahankan dominasi di cabor judo.

“Pemusatan latihan cabor judo telah diintensifkan di Padepokan Judo Satria Benteng, Kabupaten Tangerang. Otomatis, program latihannya pun berlangsung selama sepekan penuh. Atlet-atlet kami berlatih setiap hari, pagi sore dan bahkan sampai malam,” kata pria yang akrab disapa Halim kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler miliknya, Jumat (6/4).

Selain itu, lanjut pelatih senior judo ini, modal lainnya untuk menjadi juara umum adalah saat ini Pengcab PJSI Kabupaten Tangerang memiliki puluhan atlet putra daerah dengan jam terbang nasional dan internasional. “Sementara ini ada empat atlet kami yang berlatih di Pelatnas Judo untuk Asian Games 2018 di Indonesia dan SEA Games 2019 di Malaysia. Keempatnya ialah Amanah Nur Istiqomah, Nadia Husnia, Putri Marzella, dan Syerina. Saya yakin mereka akan jadi juara di kelasnya masing-masing di porprov nanti,” imbuhnya.

Saat disinggug perihal kelas andalan yang akan diterjunkan, Halim menegaskan, pihaknya berjanji untuk menerjunkan full team. Ini agar cabor-nya kembali merajai di pesta olahraga empat tahunan ini. “Kalau kelasnya, itu rahasia. Nanti daerah lain jadi tahu kekuatan kami ada di mana. Yang pasti kami akan turun dengan kekuatan penuh. Untuk menjadi juara, kami tidak mungkin hanya mengandalkan empat atlet dari pelatnas itu saja,” tegas dia.

Ketua Umum Pengcab PJSI Kabupaten Tangerang M Bayuni juga optimistis, cabor-nya akan kembali menjaga tradisi juara umum di porprov tahun ini. “Yakin juara umum. Bertanding di luar kandang saja juara, apalagi di kandang sendiri,” sesumbarnya ketiak ditemui di sekretariat KONI Banten, Cipocokjaya, Kota Serang, Jumat (6/4).

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengaku bangga dengan pembinaan judo di bawah komando Ahmad Halim Suherman. Konsistensi pembinaan yang dilakukan pelatih sarat pengalaman tersebut membuat cabor judo Kabupaten Tangerang menjadi kiblat judo Banten. “Kami berterima kasih kepada Pak Halim melalui Satria Benteng-nya setiap tahun melahirkan puluhan atlet binaan asli putra daerah Kabupaten Tangerang yang berprestasi,” katanya.

“Yang luar biasanya setiap satu kelas minimalnya memiliki tiga pelapis atlet untuk menggantikan yang seniornya. Untuk porprov tahun ini, ada sekitar lima atlet debutan yang akan tampil. Mereka ialah Viki Hidayat, Syerina, M Ardiansyah, Febrian Eka, dan Dilla Puspita Supriyadi. Dengan program seperti ini, kami yakin judo dapat menjaga tradisi juara umum porprov,” tandasnya. (dre/ibm/dwi/RBG)