SERANG – Awal musim kemarau di sejumlah wilayah di Banten diperkirakan mundur. Biasanya musim kemarau sekira April, tapi akan terjadi pada Juni nanti.

Kepala Kelompok Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Serang Trian Asmarahadi mengatakan, kemarau hampir di sebagian besar wilayah Banten diperkirakan mundur.

“Rata-rata akan dimulai Juni, meskipun ada juga beberapa wilayah yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya yang dimulai April,” ujar Trian di kantor BMKG Kelas 1 Serang, Kamis (21/3).

Trian menerangkan, daerah di Banten bagian selatan yang banyak mengalami perubahan awal musim kemarau. Sedangkan yang sama dengan tahun lalu paling banyak di Kabupaten Serang dan Kota Serang.
Kata dia, peralihan musim di tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Maret, Apri, dan Mei masuk dalam musim peralihan,” terangnya.

Hal itu, lanjut dia, lantaran matahari bergerak tepat di khatulistiwa atau di tengah garis lintang. Dampaknya, cuaca cepat berubah secara dinamis, sebentar hujan, petir, fenomena angin kencang, dan panas maksimum. Bahkan, hal itu juga berdampak pada gelombang. (Rostinah)