Juri Apresiasi Antusiasme Warga RT 04 Cigintung

0
306 views

CIPOCOK JAYA – Warga ikut mengiringi juri saat penilaian. Antusiasme warga saat proses penilaian punya poin tersendiri di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Menjadi indikasi partisipasi warga terhadap kebersihan dan keamanan lingkungannya.

Saat Tim 5 Juri LRLA menilai RT 04 RW 05, Lingkungan Cigintung, Kelurahan Gelam, Kecamatan Cipocok Jaya, Senin (7/9), warga ikut menyambut bersama pengurus RT. Selama proses penilaian, warga dan pengurus RT ikut tim juri berkeliling kampung.

Partisipasi warga RT 04, menurut dr Lenny Suryani, terlihat dari kebersihan kampungnya. “Dari sisi kebersihan, sejak tahap pertama sudah bersih. Hanya saja, sekarang (pada penilaian tahap dua sekaligus terakhir LRLA-red) menjadi lebih bersih lagi,” kata perwakilan Tim 5 Juri LRLA itu.

Penghijauan di RT ini pun mendapat tanggapan positif. “Hijaunya tanaman di lingkungan ini. Kelengkapan administrasi seperti SK (surat keputusan pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum-red) dan dokumentasi kegiatan warga juga sudah lengkap. Cukup bagus,” ujar Lenny.

Poin plus dari RT ini, menurut Lenny, adalah warganya telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Warga telah menyediakan tempat mencuci tangan di rumah-rumah warganya.

Tempat mencuci tangan ini merupakan kreasi warga RT 04. Penggunanya tidak perlu memutar keran dengan tangan. Tetapi, menggunakan kaki. “Sehingga, tangan tetap bersih,” jelas juri perwakilan  dari Dinas Kesehatan Kota Serang itu.

“Yang perlu ditingkatkan adalah inovasi dalam hal pengelolaan sampah. Dan saya berharap, apa yang sudah berhasil dicapai saat ini, minimal bisa dipertahankan oleh warga,” saran Lenny.

Keamanan lingkungan RT 04, menurut Ipda Riyatno, cukup bagus. Ronda malam di kampung ini sudah berjalan.

“Tidak ada kejadian kriminal di lingkungan ini. Hanya saja, kekompakan warganya harus ditingkatkan. Jadi, kalau ada warga izin tidak ronda, harus ada penggantinya, supaya kekuatan tidak turun karena kekurangan orang,” pesan juri perwakilan dari Polres Serang Kota itu. (rio/don)