Juri Apresiasi Pemanfaatan Lahan Kosong di RT 03 Ciemas Raya

0
350 views

CIPOCOK JAYA – Lahan kosong di RT 03 RW 02, Lingkungan Ciemas Raya, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya, dijadikan taman mini. Pemanfaatan lahan ini mendapat penilaian positif dari Tim 10 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Tapi sayang, kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum di RT ini belum dibentuk.

Taman Ciemas Raya dibangun di lahan sekira 15 x 10 meter persegi. Warga menggunakan sampah platik, dari bekas kemasan minuman, untuk membuat hiasan spot foto. Pot-pot tanaman hias pun dipajang di sepanjang jalan di RT ini.

Juri perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Anita Viliana mengatakan, secara keselurahan, penataan lingkungan kampung ini lebih baik dibandingkan saat penilaian tahap pertama pada awal Mei lalu. ”Kami sangat mengapresiasi pemanfaatan lahan kosong di sini,” katanya kepada Radar Banten, Senin (7/9).

Namun, pengolahan sampah organik belum dilakukan. Padahal, kata Anita, ibu-ibu warga RT 03 bisa menyimpan sisa sayur ketika memasak untuk bahan pupuk organik. ”SK kelompok sadar lingkungan dan kelompok sadar hukum juga belum ada,” tandasnya.

Juri perwakilan dari Polres Serang Kota Bripka Yayat Triharyanto menambahkan, semua alat keamanan di pos ronda RT 03 sudah dilengkapi. Kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) juga aktif dilaksanakan warga. ”Kondisi keamanan di sini juga kondusif,” ungkapnya.

Ketua RT 03 Nawawi mengaku belum mengurus pengesahan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan di RT-nya. ”Tapi, pemudanya kompak kalau gotong royong. Kita selalu siap kalau untuk urusan membenahi kampung. Menang-kalah urusan belakangan,” tegasnya. (mg06/don)