Juri: RT 12 Menakjubkan

WALANTAKA – Tim 4 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 mengacungkan jempol tangan untuk warga RT 12 RW 01, Lingkungan Turus Wetan, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Walantaka. Perkampungan ini hijau, penuh warna dari lukisan di tembok dan jalan, serta dekorasi lingkungannya menarik.

“Akhirnya, kami menemukan RT yang siap dinilai. Turus Wetan menakjubkan,” tandas Yani Karliani, ketua tim 4, Kamis (14/5).

Ungkapannya itu karena tim ini, selama 13 hari sebelumnya, belum menemukan RT yang siap menghadapi penilaian LRLA. Kemarin, tim juri baru menemukan RT yang membuatnya semangat. RT 12 telah berbenah.

Yani kagum dengan penghijauan yang dilakukan warga RT 12. Bermacam pohon ditata berderet di kiri dan kanan jalan. Mulai dari gapura hingga bagian dalam perkampungan.

Yani sangat mengapresiasi semangat dan kekompakan warga RT ini dalam menata lingkungannya. Tidak hanya hijau, RT ini pun bersih. Kondisi ini menandakan partisipasi warganya sudah bagus.

“Sayangnya, (kegiatan warga bergotong royong-red) belum didokumentasikan. SK kelompok sadar lingkungannya juga belum ada,” ujar Yani.

Penataan RT 12, tambah Serma Budi Trisantoso menilai, telah dilakukan warganya jauh hari sebelum penilaian lomba tahap pertama dimulai, 4 Mei lalu. “Dari hasil penataannya, sudah lama dilakukan. Dan terencana. Ini harus dipertahankan dan dilengkapi kekurangannya,” pesan juri dari Kodim 0602/Serang itu.

Keamanan RT 12 juga dinilai kondusif. “Tinggal pos rondanya dilengkapi alat keamanan dan membentuk kelompok sadar hukum yang disahkan lurah,” kata Ipda Agus Hadianto, juri dari perwakilan Polres Serang Kota.

Ketua RT 12 Rosita mengaku akan melengkapi kekurangan lingkungannya. “Insya Allah, tahap kedua nanti sudah lengkap semuanya. Alhamdulillah, pemuda di sini mah kompak,” pungkasnya. (mg06/don)