SERANG – Setelah tahun lalu meraih akreditasi ‘C’. Kini program studi (Prodi) Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) meraih akreditasi A.

Keputusan tersebut diketahui berdasarkan SK BAN-PT Nomor 2337/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017 tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Program Studi PLS pada Program Sarjana Untirta, yang ditetapkan pada 18 Juli 2017 dan diserahkan pada pihak Rektorat pada Selasa (15/8).

Ketua Prodi PLS, Prof Sudadio mengatakan, Waktu dan pikiran dalam mengupayakan perbaikan peringkat akreditasi Jurusan PLS dari C awalnya memang menjadi beban, tapi pada akhirnya terjadi lompatan yang luar biasa yaitu menjadi A. “Hasil ini berkat kerja keras dan dukungan semua pihak Rektorat, Dekanat, Tim Borang Jurusan, Dosen, Mahasiswa dan Alumni,” ujar Sudadio, Rabu (16/8).

Menurutnya, semua berkat Ridho Allah yang telah mengabulkan kerja bareng semua dan hasil Ini adalah bagian dari keberhasilan FKIP dan PLS pada khususnya. Ukiran yang diawali sejarah oleh jurusan PBI beberapa waktu lalu yang telah terlebih dahulu mengukur sejarah akreditasi A. “Untuk ini pulalah maripula kita semua untuk tidak terlena, agar segera kerja kembali untuk memulai persiapan untuk akreditasi 4 tahun kedepan,” katanya.

Salah satu dosen PLS, Dadan Darmawan mengatakan, sebagai dosen dan sebagai alumni PLS Tentunya ini sangat membanggakan dan membahagiakan, karena ini memang menjadi loncatan yang luar biasa, tapi tentunya kita semua jangan terlena dalam euforia ini karena justru tantangan kedepan akan lebih rumit dari yang sekarang. “Sebagai prodi yang mendapatkan Akreditasi A tentunya kita terus mempertahankan yang baik dan memperbaiki yang masih kurang,” katanya.

Bila melihat dari indikator penilaian dari BAN PT, kata Dadan banyak pihak yang harus terlibat dalam mensukseskan proses Akreditasi ini. “Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak. Karena hasil ini takan tercipta tanpa sinergitas semua pihak didalamnya,” terangnya.

Ketua Himpunan Alumni Jurusan PLS Abdul Rohman mengapresiasi apa yang diraih oleh Jurusan PLS. Akreditasi A merupakan hasil istimewa yang diberikan oleh Civitas Akademika. “Dampaknya memang ada bagi Alumni. Komunikasi semua pihak menjadi kunci akreditasi A ini,” katanya.

“PLS ini prodi tertua di FKIP. Raihan akreditasi A merupakan hal yang pantas. Namun, jangan sampai akreditasi A membuat semua pihak berleha-leha tapi justru harus sebaliknya,” tambahnya.

Dalam beberapa kesempatan, Rektor Untirta Prof Sholeh Hidayat mengatakan, pihaknya saat ini menargetkan perubahan dalam Akreditasi di masing-masing Prodi, Fakultas hingga Universitas. “Alhamdulillah, sebelumnya Prodi Diksastrasia yang meraih A. Kemudian PLS juga meraih A. Kita berharap Universitas juga ikut akreditas A,” pungkasnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)