Kaban Awards 2020: Dorong Investasi dan Pacu Industri Dalam Negeri

0
5487

TANGSEL – Bea Cukai secara rutin memberikan apresiasi atas kinerja para pengguna jasa yang terdiri dari eksportir, importir, dan pengusaha di bidang cukai.

Menutup tahun 2020, tepatnya pada 22 Desember 2020 Kantor Wilayah DJBC Banten (Kaban) menyelenggarakan Kaban Awards 2020 dalam rangka Hari Ulang Tahun Kaban yang ke-14. Acara mengedepankan protokol kesehatan penanganan Covid-19, dibuktikan dengan pelaksanaan rapid test kepada semua tamu undangan dan pengisi acara.

Kaban Awards merupakan acara penganugerahan kepada mitra pengguna jasa terbaik. Acara dihadiri Kepala BNNP Banten Brigjen Pol Hendri Marpaung, Kepala Kanwil DJKN Banten Nuning SR Wulandari, Ketua Ombudsman Banten Dedy Irsan.

Turut hadir dua mantan Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten Bachtiar (periode Februari 2008 – Maret 2010) dan Decy Arifinsyah (periode September 2017 – November 2018), Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP A Tangerang Guntur Nur Cahyo, perwakilan beberapa Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Asosiasi Kawasan Berikat, dan juga PT AeXI serta 21 perusahaan yang menjadi nominator.

“Maksud dari pemberian penghargaan kepada pengguna jasa ini agar kedepannya dapat memotivasi dan memberi dukungan untuk menggenjot kegiatan ekspor, serta dorongan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten, Moh. Aflah Farobi.

Kaban Awards kali ini dibagi dalam sepuluh kategori, yaitu Penerimaan Bea Masuk Terbesar yang dimenangkan oleh PT Pertamina (Persero), Penerimaan Cukai Terbesar yang dimenangkan oleh PT Multi Bintang Indonesia TBK, Pertumbuhan Bea Masuk Tertinggi dimenangkan oleh PT Permata Dunia Sukses Utama, Pertumbuhan Cukai Tertinggi PT Keluarga Noir Sejahtera.

Lalu, Ekpor Terbesar yang dimenangkan oleh PT Krakatau Posco, TPS Terbaik PT Chandra Asri Petrochemical, Kawasan Berikat Terbaik dimenangkan oleh PT Karya Sumiden Indonesia, Gudang Berikat Terbaik dimenangkan oleh PT Angels Product, Pusat Logistik Berikat Terbaik dimenangkan oleh PT Dover Chemical, Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Terbaik dimenangkan oleh PT Panata Jaya Mandiri, dan kategori khusus Sinergi Instansi Pemerintah Terbaik dimenangkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten.

“Penghargaan yang didapatkan oleh perusahaan-perusahaan ini menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan kinerja demi kelancaran industri dalam negeri serta dapat menjalin sinergi yang baik dengan Bea Cukai.” ungkap Ketua Asosiasi Kawasan Berikat Provinsi Banten Ahmad Matein.

Hal senada disampaikan Kepala BNNP Banten Brigjen Pol. Hendri Marpaung. “Semoga sinergitas yang dijalin bersama Bea Cukai dapat semakin baik dan memberikan dampak yang positif bagi negeri.” tuturnya.

PAMERAN

Menyemarakan perhelatan, Kaban juga memberikan kesempatan kepada empat UMKM yang ada di wilayah Banten untuk berpartisipasi menggelar pameran hasil produksinya. Ini sebagai bentuk dukungan Kaban dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di wilayah Banten.

Mereka adalah PT Bintang Satu Production dengan hasil produksi kerajinan tas berbahan kulit ular, PT Montis Boga penghasil makanan kering dan olahan, PT Follow Me yang memproduksi parfum, dan PT Batik Mukarnas pengerajin batik motif kedaerahan khas Banten.

PT Bintang Satu Production adalah salah satu perusahaan pengguna fasilitas kepabeanan KITE IKM binaan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tangerang.

Mengakhiri acara Moh. Aflah Farobi mengungkapkan, agar penghargaan ini menjadi motivasi. “Harapan kami selanjutnya, penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja, mendatangkan investasi, hingga menciptakan lapangan kerja baru,” ujarnya. (alt)