Para wartawan atlet bulu tangkis perwakilan Kabupaten Serang memamerkan tropi juara usai dipastikan menjadi juara umum Porwaban 2018 oleh panitia di Flamengo Hall Serang, Selasa (24/4).   

SERANG – Kontingen wartawan Kabupaten Serang tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga Wartawan Banten (Porwaban) Eksebisi Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) 2018. Raihan prestasi ini diapresiasi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

”Selamat atas prestasi yang dicapai. Jangan puas atas hasil ini. Terus tingkatkan,” pesan Tatu, Selasa (24/4).

Menurutnya, wartawan merupakan mitra terbaik Pemkab, telah menunjukan kemampuannya untuk mengarumkan nama daerah. ”Atas raihan ini, tentu kami support, menuju turnamen yang lebih tinggi di Papua mendatang,” imbuhnya.

Ketua PWI Kabupaten Serang Ahmad Arifudin juga angkat bicara atas prestasi yang diraih. ”Alhamdulillah, meski persiapan terbatas dan dukungan anggaran tidak memadai, kita bisa juara umum,” tutur Arif, usai pembagian piala dan pengumuman juara umum di Flamengo Badminton Hall, Selasa (24/4).

Arif berharap, wartawan bisa mendapat dukungan dari pemerintah daerah dari segi pembinaan. Menuju Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2019 di Papua, ia meminta atletnya mempertahankan dan mengembangkan potensi dan prestasi.

”Kami menunggu informasi dari SIWO Banten atlet mana yang mau diambil mewakili Banten. Sembari menunggu, kita tetap latihan. Saya optimis tim kita akan ikut ke Papua,” ujarnya

Panitia Acara Porwaban Eksebisi SIWO 2018 Thomas Budi Haryanto menambahkan, turnamen olahraga wartawan se-Banten itu merupakan kegiatan perdana dan akan menjadi agenda tahunan.

Thomas pun memastikan, para juara Porwaban 2018 akan diberangkatkan pada Porwanas 2019 di Papua dengan sistem seleksi mencari yang terbaik untuk mengharumkan nama Banten di kancah nasional. ”Kalau diukur se-nasional, kita masih tertinggal jauh. Maka itu, harus ada seleksi dan pemantapan lagi,” imbuh Thomas.

Sekadar diketahui pada cabang bulu tangkis yang yang berlangsung di Flamenggo Hall, Kabupaten Serang hampir memboyong semua medali. Nizar Solihin dari Radar Banten dan Eka Elviani dari CadasBanten.com sukses menjadi yang terbaik pada partai tunggal putra dan putrid.

Pada partai final, Nizar sukses menundukkan atlet Cilegon, yakni Nanda dua set langsung dengan skor telak 21-2 dan 21-3. Sementara final tunggal putri, Eka juga sukses menundukkan atlet Cilegon Henny Murniati dari media JawaposTV dengan skor telak 21-7 dan 21-3.

Sedangkan pasangan ganda putra, atlet Kabupaten Serang yaitu pasangan Wifi dari Zetizen Radar Banten dan Pesta dari media Sentana meraih posisi ketiga setelah ditundukan atlet Pandeglang dua set langsung pada laga semifinal.

Kontingen wartawan Kabupaten Serang mendapatkan trofi terbanyak dari dua cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni futsal dan bulu tangkis dengan raihan dua medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu. Kemudian Kota Cilegon di posisi kedua dengan satu medali emas dan dua medali perak. Untuk kategori futsal yang digelar di Radar Banten Arena tim Kabupaten Serang meraih posisi kedua setelah takluk dari tim futsal Kota Tangsel. (wivy-zetizen/ful/ags/RBG)