Pelatih lari cabor atletik KONI Kabupaten Serang La Hasan Wabula mengamati Orlin, atlet lari di nomor 400 meter yang sedang mematangkan persiapan menuju Porprov V Banten.

SERANG – Cabang olahraga atletik nomor lari Kabupaten Serang semakin optimistis mendulang prestasi pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018. Para atletnya terus digenjot dengan waktu latihan yang lebih padat. Perolehan medali saat Porprov 2014 lalu menjadi pekerjaan rumah untuk ditingkatkan.

Pelatih lari cabor atletik KONI Kabupaten Serang La Hasan Wabula mengatakan, pihaknya memasang target untuk meraih tiga medali emas dari sebanyak 14 atlet yang siap berkompetisi. Kata dia, peluang mendapatkan target itu terbuka luas.

“Porporv 2014 kita hanya meraih dua medali perak. Akan kita perbaiki di Porprov tahun ini. Kalau tahun ini kita targetnya medali emas, nanti kita lihat perkembangan di lapangannya seperti apa,” ujar Hasan di sela memantau para atletnya berlatih di Stadion Heroik Kopassus, Kota Serang, Senin (13/8).

Ia mengakui, perhelatan pesta olahraga terbesar di Banten itu sudah di depan mata. Latihan yang diberikan sebagai bekal atlet hanya menghitung bulan. Saat ini latihan yang diberikan telah masuk pada tahap persiapan umum. Tidak ada waktu untuk bermain-main. Ia mengaku akan berupaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Bulan berikutnya masuk di persiapan khusus. Ini kita biasanya akan menekankan waktu latihan yang berlebih dengan cepat. Kalau persiapan umum saat ini kita titik beratkan pada volume latihannya yang lebih banyak. Seluruh atlet diwajibkan untuk mengikuti latihan setiap hari,” tuturnya.

Dari 14 atlet yang siap membela Kabupaten Serang, sambung Hasan, di antaranya ada yang berprofesi sebagai TNI. Peluang medali juga semakin terbuka. “Rata-rata atlet yang siap turun di atas 17 tahun. Sebagian besar atlet kita dari Kopassus, mereka baru saja mengikuti pekan olahraga di Pekan Baru,” katanya.

Kata Hasan, kontingen Kabupaten Serang mengikuti nomor lari 100 meter, 400 meter, 500 meter, 800 meter, 900 meter, 1.000 meter. Tidak ada nomor yang luput tidak diikutsertakan. “Kalau di nomor 400, 500, 1.000, sampai 1.000 kita masih punya peluang. Nomor 100 dan 400 kita masih bisa mengejar,” tuturnya.

Ketua KONI Kabupaten Serang Pujiyanto berharap, seluruh atlet Kabupaten Serang dapat memberikan hasil yang terbaik untuk membela nama daerahnya. Kata dia, bukan hanya pemerintah yang bangga jika berprestasi, tapi juga seluruh masyarakat Kabupaten Serang.

“KONI Kabupaten Serang terus memberikan perhatian baik kepada atlet potensi dan prestasi. Saya minta kepada atlet agar terus giat berlatih untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” ucapnya. (rbs/ibm/dwi)