Kader Posyandu di Kabupaten Serang Dapat Kartu Indonesia Sehat

0
779 views
GM Divisi Regional XIII BPJS Kesehatan Benjamin Saut (kiri), Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa (kanan) dan kader posyandu.

SERANG – Divisi Regional XIII Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama Pemkab Serang menyerahkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 5.000 kader posyandu di Kabupaten Serang.

Pada acara penyerahan kartu secara simbolis dihadiri Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Direktur RSUD Drajat Prawiranegara, dan pimpinan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

General Manager Divisi Regional XIII BPJS Kesehatan Benjamin Saut mengatakan, saat ini di Kabupaten Serang tercatat sudah 69 persen atau 1,4 juta jiwa yang terdaftar sebagai peserta JKN KIS.

“Dari total tersebut, kami punya PR 30 persen lagi. Namun jika kita lihat dari data tersebut, rasanya sebelum 2019 kami sudah dapat mencapai 100 persen,” katanya saat memberikan sambutan pada acara penyerahan JKN KIS di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Rabu (8/2).

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, di 29 kecamatan di Kabupaten Serang ada 1.500 posyandu.

“Kita ada 7.500 kader posyandu, namun sebanyak 5.000 kader yang belum terdaftar sendiri, sisanya 2.500 kader yang sudah terdaftar sendiri sebagai peserta JKN KIS, Nanti iurannya akan dibantu oleh Bupati,” tegasnya.

Kendati demikian, ia berharap, dengan adanya kader posyandu tersebut, diupayakan dapat menjadi agen pemerintah daerah untuk membangun derajat kesehatan masyarakat.

“Membangun kesehatan bukan hanya membangun dan memberikan layanan kesehatan, yaitu membangun kesadaran kolektif masyarakat agar dapat terhindar dari segala macam penyakit. Kader posyandu harus dapat menjelaskan kepada masyarakat mengenai menjaga kesehatan dengan baik,” katanya. (Wirda)