Kader Posyandu Dilibatkan untuk Hijaukan Curuggulang

CIKEUSAL – Pemerintah Desa Sukajaya, Kecamatan Cikeusal, menggandeng kader posyandu untuk menata lingkungan RW 08, Kampung Curuggulang. Kader posyandu di kampung itu diminta menjadi penggerak warga untuk menghijaukan halaman rumah masing-masing.     

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Sukajaya Toni Fathoni menjelaskan alasannya melibatkan kader posyandu. Yakni, agar penataan lingkungan di Curuggulang lebih maksimal. Penghijauan menjadi fokus kader posyandu agar perkampungan itu lebih asri dan indah.

Kebersihan di kampung itu, terutama di RT 17, sebenarnya cukup terjaga karena warganya kompak bergotong royong satu bulan sekali. Namun, menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019, pihak desa ingin kebersihan di Curuggulang ditingkatkan. 

“Alasan kita (Pemerintah Desa Sukajaya-red) memilih Kampung Curuggulang karena sudah cukup rapi dan lebih baik dari kampung-kampung di Desa Sukajaya. Kebersihan di kampung ini pun rutin dilakukan di halaman rumah masing-masing warga. Selain itu, warga kampung ini juga rajin dan sering berpartisipasi dalam kegiatan desa,” ujar Toni kepada jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten), Minggu (6/10).

Toni mengaku, telah menyosialisasikan perlombaan dengan hadiah total Rp900 juta itu. Bukan hanya soal keikutsertaan Curuggulang, tetapi juga untuk membiasakan warganya menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Untuk kegiatan siskamling, pos kamling sudah kita siapkan di setiap RT dengan pembagian jadwal seminggu sekali untuk setiap warga. Namun, biasanya banyak juga warga yang ikut serta melakukan siskamling secara sukarela,” terangnya.

Kader posyandu Surtini mengaku, akan mengikuti arahan Pemerintah Desa Sukajaya untuk menyosialisasikan Lomba Kampung Bersih dan Aman kepada warga. Ia dan kader posyandu lainnya juga akan mengarahkan warga Curuggulang untuk menanam tanaman jenis sayur dan bunga-bunga. Sekaligus penataannya agar lingkungan rumah warga dan kampung lebih rapi.

“Dengan diikutkannya Curugggulang di Lomba Kampung Bersih dan Aman ini, diharapkan warga bisa lebih rajin menjaga kebersihan. Sehingga, Curuggulang menjadi kampung yang asri dan sehat,” harap Surtini. (rio/ang/don/ira)