Kadin Cilegon Ajak BUMN Sinergi

0
4.180 views

CILEGON – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cilegon akan merangkul seluruh badan usaha milik negara (BUMN) beserta anak perusahaannya di Kota Cilegon agar menjadi anggota. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut memorandum of understanding (MoU) antara Kementerian BUMN dengan Kadin Indonesia.

Ketua Kadin Kota Cilegon Sahruji menjelaskan, dalam MoU tersebut BUMN diminta tidak diskriminatif terhadap pengusaha kecil menengah dan koperasi. “Kemudian, BUMN juga diminta memberikan kesempatan kepada pengusaha lokal untuk terlibat dalam pembangunan ekonomi,” kata Sahruji, usai pelantikan pengurus Kadin Cilegon, di Hotel Royale Krakatau, Selasa (17/12).

Dijelaskan Sahruji, sebenarnya MoU antara BUMN dan Kadin Kota Cilegon sempat terjadi pada periode yang lalu, yakni dengan PT Krakatau Steel (KS). “Dengan adanya MoU di pusat maka sinergi dengan BUMN akan diperluas dengan seluruh BUMN yang ada di Kota Cilegon,” jelasnya.

Dengan adanya sinergi itu, keberadaan BUMN pun akan seperti apa yang diharapkan Presiden Joko Widodo, yakni bukan hanya mendapatkan keuntungan perusahaan, tapi juga memberikan manfaat kepada masyarakat. “Kita akan lakukan komunikasi dengan baik, saya yakin dan percaya semua akan mengikuti aturan,” papar Sahruji.

Ketua Kadin Provinsi Banten Mulyadi Jayabaya menilai, potensi BUMN di Kota Cilegon sangat besar. Oleh karena itu, Kadin Kota Cilegon harus bisa menindaklanjuti kesepakatan yang telah terjadi di tingkat pusat.

Mantan bupati Lebak itu meyakini pemberdayaan masyarakat melalui pengusaha-pengusaha lokal akan semakin meningkat. Secara tidak langsung, hal tersebut pun akan berpengaruh terhadap perekonomian Kota Cilegon secara umum.

“Dengan sinergi itu bisa menjadi solusi penanggulangan pengangguran di Kota Cilegon yang kemudian akan berimplikasi pada meningkatnya taraf ekonomi masyarakat,” paparnya. (bam/ibm/ira)