M Yanuar (kiri)

SERANG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten M Yanuar meyakini vaksin yang dikeluarkan pihaknya dan disebar ke kabupaten/kota tidak ada vaksin yang palsu.

“Vaksin di puskesmas itu dari provinsi, itu tidak beli, dan kita jamin vaksin yang ada di puskesmas aman, tidak ada yang palsu,” ungkap Yanuar kepada wartawan usai menghadiri acara konferensi pers Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan, Rabu (29/6).

Yanuar menjelaskan, tim pemantauan vaksin bekerja sama dengan dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan Balai POM terus memantau vaksin yang ada di pelayanan kesehatan. “Kemarin kita sudah melakukan pemantauan di salah satu rumah sakit swasta di Tangsel dan Kota Tangerang, tinggal kita menunggu hasil tes oleh BPOM,” katanya.

Penanganan vaksin palsu, pihaknya berbagi peran dengan kepolisian dan BPOM. Dinkes melakukan monitoring ke penggguna, seperti puskesmas, rumah sakit, dan pasien. BPOM memastikan vaksin palsu apa tidak, dan penanganan pelaku pemalsu vaksin pihak kepolisian. (Fauzan Dardiri)