Kaduagung Fokus di RW 02

0
328 views

GUNUNGSARI – Pemerintah Desa Kaduagung, Kecamatan Gunungsari hanya fokus penataan di RW 02, Kampung Penangkalan, pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Kampung ini sudah dihias dengan banyak penghijauan.

Di Desa Kaduagung sendiri ada empat RW Yakni RW 01 Kampung Bojong, RW 02 Kampung Penangkalan, RW 03 Kampung Cibaserih, dan RW 04 Kampung Baru.

Kepala Desa Kaduagung Maryani mengatakan, awalnya sebenarnya ia mau menata keempat RW, tapi ia khawatir jika penataannya tidak fokus dan malah setengah-setengah. “Akhirnya setelah rapat, kami memutuskan hanya mengikutkan lomba di RW 002,” kata Maryani kepada Radar Banten, Rabu (4/11).

Menurutnya, warga di RW 02 ini yang paling antusias dan semangat mengikuti lomba dibanding ketiga RW lainnya. Ternyata, hal itu terbukti dengan hasil penataan warga yang sudah terlihat hasilnya. “Enggak salah saya milih RW 02, penataannya bagus,” ungkapnya.

Perwakilan juri tim 26 Kompol H Sutrisno menilai, warga RW 02 sudah memiliki kesadaran atas kebersihan dan keamanan lingkungan, serta rasa kebersamaan untuk memperbaiki kampungnya. “Kesan pertama saya mengunjungi kampung ini sangat positif,” kata Sutrisno.

Selain itu, dari segi keamanan, di kampung ini tak ada kasus kekerasan dalam rumah tangga, warga menerapkan protokol kesehatan, dan tak ada kasus tindak pidana. “Cuma alat keamanan di pos ronda harus dilengkapi,” ujarnya.

Sutrisno mengimbau, warga juga harus bisa mempertahankan kebersihan dan keamanan lingkungan. Selain itu, harus ada pengolahan sampah. “Harus disediakan tong sampah organis dan non organiknya, supaya dipilah dan diolah sehingga bisa bernilai ekonomi,” pungkas Sutrisno. (mg06/air)