Kafilah MTQ Kota Cilegon.

CILEGON – Kafilah Kota Cilegon mengandalkan cabang tilawah Quran pada MTQ XVI tingkat Provinsi Banten 2019 yang diselenggarakan di Kota Tangerang 25-29 Maret 2019. Selain memiliki qori-qoriah berbakat juga ditambah pembinaan yang maksimal.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Cilegon Abdullah Syarief usai pelepasan kafilah Kota Cilegon di Masjid Nurul Iman, Pemkot Cilegon, Minggu (24/3). Hadir pada pelepasan kafilah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Sari Suryati, Kepala Kementerian Agama Kota Cilegon Mahfudin dan ofisial kafilah Kota Cilegon.

Abdullah mengatakan, kafilah Cilegon yang berangkat sebanyak 128 orang, terdiri atas pimpinan kafilah, peserta, pendamping, dan pembina. “Cabang andalan kita, tilawah remaja, anak-anak, dan tahfid. Pokoknya cabang tilawah ada sembilan golongan,” ujarnya.

Pembinaan yang dilakukan LPTQ, lanjut dia, berjalan maksimal. Abdullah mengaku tidak menutup peluang ada di cabang-cabang lain .

Sekda Kota Cilegon Sari Suryati mengatakan, MTQ bukan hanya menjadi rutinitas, tetapi ada syiar Islam. Ia berharap kafilah Kota Cilegon dapat mempersembahkan yang terbaik bagi Cilegon. “Target masuk tiga besar. Kami menyiapkan hadiah umrah bagi peserta terbaik atau yang meraih juara pertama dalam setiap cabang perlombaan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pada MTQ XVI terdapat sepuluh cabang lomba yaitu cabang tilawah Quran, qiraat Quran, tahfidz Quran, tafsir Quran, fahmil Quran, syarhil Quran, khottil Quran, makalah Quran, hifdzil hadits, dan qiraatul kutub. Dua cabang yang terakhir merupakan cabang muatan lokal sebagai persiapan menghadapi MTQ nasional pada tahun 2020. (Fauzan Dardiri)