KAI Gratiskan Kereta Lokal dan Perintis

Kereta Api/Ilustrasi JawaPos.com

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk kereta lokal/komuter PSO (subsidi) dan kereta perintis dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api.

Masyarakat bisa mendapatkan tiket kereta tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show (hari H). Setiap calon penumpang dapat membeli maksimal satu tiket, kecuali membawa anak usia di bawah sepuluh tahun dan lansia. Adapun kuota tiket gratis itu sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

Untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan kereta.

“Menyambut momentum HUT ke-21 Kementerian BUMN, promo Rp0  tersebut merupakan kontribusi KAI dalam mewujudkan BUMN Hadir untuk Negeri. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin,” ucap Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dikutip dari siaran pers.

Manajer Humas PT KAI Eko Budiyanto menyampaikan, pemberlakuan tiket Rp0 ini juga tetap mengutamakan faktor kenyamanan dan juga keamanan. Sehingga, PT KAI tetap membatasi jumlah penumpang yang berhak menggunakan layanan kereta gratis ini.

“Jadi, kami tetap mengedepankan faktor kenyamanan dan keamanan, maka dari itu jumlah penumpang menyesuaikan batas maksimal kereta,” terangnya. (jpc/aas/ira)