Kajari Minta Perkara Pemilu Dituntaskan

0
395 views
Kepala Kejari Serang Azhari

Tangani Satu Perkara Caleg

SERANG – Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang mengalami pergantian. Kamis (25/4), pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) dari Kasi Pidum yang lama Ardi Wibowo kepada Yogi Wahyu Buana berlangsung di aula Kejari Serang.

Usai pelantikan, Kajari Serang Azhari mengaku telah memerintahkan kepada Yogi agar dapat menyelesaikan perkara pemilu dengan cepat. Saat ini, ada satu perkara pemilu yang surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) sudah diterima Kejari Serang. 

“Ada satu berkas yang sudah masuk ke kami. Kami harus segera sidangkan dan limpahkan karena perkara pemilu mempunyai batas waktu,” ujar Kajari.

Informasi yang diperoleh Radar Banten, perkara tersebut terkait kampanye di tempat ibadah. Kendati dalam SPDP belum memunculkan nama tersangka, tetapi pihak yang dilaporkan diketahui berinisial AG. Diketahui, AG merupakan calon legislatif dari Kabupaten Serang.  “Yang masuk berkasnya cuma satu, kalau yang lain masih di Sentra Gakkumdu, apakah dilanjut atau dihentikan itu mereka nanti yang menentukan (Sentra Gakkumdu-red),” kata Kajari.

Dia meyakini, kasus tersebut akan dituntaskan dan tidak akan melebihi batas penyelesaikan perkara pemilu. Berdasarkan Pasal 261-263 UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD menyebutkan jangka penyelesaian tindak pidana pemilu di tingkat penyidikan selama 14 hari, penuntutan lima hari dan proses persidangan selama tujuh hari.

“Saya yakin akan dapat diselesaikan tepat waktu. Kan sudah ada sinergitas di Gakkumdu, itu kecil kemungkinan berkasnya bolak-balik,” ucap Kajari.

Kasi Pidum Kejari Serang Yogi Wahyu Buana mengatakan akan mempelajari terlebih dahulu berkas perkara tersebut. Dia akan berkomunikasi dengan jaksa yang dilibatkan dalam Sentra Gakkumdu. “Saya akan melanjutkan yang sudah berjalan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait karena saya baru dilantik,” kata Yogi.

Dia optimistis perkara pemilu yang ditangani akan diselesaikan tepat waktu. Untuk itu, diharapkan semua pihak harus saling bersinergi dalam menyelesaikannya. “Secepatnya kita akan selesaikan, mudah-mudahan tahap dua (penyerahan tersangka dan barang bukti-red) dapat dilakukan secepatnya,” tutur Yogi.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Serang Ajun Komisaris Polisi (AKP) David Chandra Babega belum dapat dikonfirmasi mengenai perkara tersebut. Panggilan telepon dan pesan singkat Radar Banten tidak direspons kendati nomor ponsel yang bersangkutan dalam kondisi aktif. (mg05/air/ira)