SERANG,  – Setelah melakukan kajian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten,  akan memindahkan lokasi pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dari Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang ke Kecamatan Walantaka, Kota Serang.
Kepala Dinkes Banten M  Yanuar mengatakan, kajian tersebut dilakukan oleh tim kontruksi dan Dinkes Banten. “Untuk luas lahannya, Dinkes  membutuhkan lebih dari 10 hektare lahan. Dan masyarakat sekitar (Walantaka) sudah tahu karena sudah ada sosialisasi,” kata Yanuar, Selasa (2/3/2016).
Untuk pembangunan fisik gedung RSJ, menurut Yanuar rencananya akan dilakukan pada tahu 2017. “Saya berharap Biro Pemerintahan sudah melakukan pembebasan lahan pada tahun ini, karena masyarakat sudah mengumpulkan dokumen tanah untuk dilakukan pembebasan oleh pemerintah,” ujarnya.
Untuk diketahui, sebelumnya Yanuar mengungkapkan, pembangunan RSJ rencananya akan dilakukan di Kecamatan Ciruas, dan untuk pembebasan lahannya Pemprov menyediakan anggaran Rp 16 miliar sampai Rp 20 miliar. (Bayu)