Kakorlantas: Pelabuhan Merak Mulai Sepi

Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono saat meninjau pelaksanaan Operasi Ketupat Covid-19 2020 di Pos Pengamanan Pelabuhan Merak. Foto: Korlantas Polri

MERAK – Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin meninjau pelaksanaan Operasi Ketupat Covid-19 2020 di Pos Pengamanan Pelabuhan Merak.

Kakorlantas mengatakan, hari ketiga Operasi Ketupat Covid-19 2020 di Pelabuhan Merak sudah sangat baik dan maksimal dalam menerapkan pencegahan terhadap kendaraan yang akan mudik melalui Pelabuhan Merak. Kondisi Pelabuhan Merak mulai sepi dari mobil pribadi dan kendaraan roda dua.

“Kurang lebih 350 kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak sudah kita putar balikan selama dua hari OPS Ketupat. Kemudian, aktivitas pelabuhan sangat sepi, sudah tidak ada kendaraan pribadi hanya barang sama logistik. Ini tandanya kesadaran masyarakat untuk tidak mudik sudah bagus,” kata Kakorlantas, Minggu (26/4), sebagaimana dilansir Korlantas Polri.

Kakorlantas menyebutkan, kendala terbesar pada saat melakukan pelarangan mudik di 59 titik Pos Pam Penyekatan yang tersebar adalah keinginan masyarakat yang begitu tinggi untuk mudik.

“Masyarakat adalah sebagai ujung tombak untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Ini yang perlu kita sampaikan ke masyarakat supaya tahun ini ditunda dulu. Jadi pikir dua kali untuk berusaha mudik tahun ini. Larangan mudik ini karena untuk kepentingan kesehatan masyarakat,” jelas Kakorlantas.

Kakorlantas berharap jumlah kendaraan yang diputarbalikan akibat ingin mudik semakin menurun. (aas)