Kala Malam, RT 02 Buahlaler Bak Tempat Wisata

0
923 views

TAKTAKAN – Jadi lebih indah. RT 02 RW 03, Lingkungan Buahlaler, Kelurahan Taktakan, Kecamatan Taktakan, seperti tempat wisata pada malam hari. Penerangan dari lampu-lampu hias membuat kampung ini jauh lebih semarak dibandingkan siang hari.

Kerlap-kerlip lampu hias di gapura, tembok rumah warga yang dihias dengan mural, serta spot foto yang diberi penerangan membuat RT ini lebih enak dipandang.

Rabu malam (5/8), Radar Banten ikut menikmati suasana malam di RT 02. Anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak hingga pemuda keluar rumah. Mereka bercengkrama sambil menikmati hasil kerjanya menata kampung.

Ketua RT 02 Yusri mengakui, kampungnya telah jauh berubah setelah mengikuti Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Dulu, RT ini tidak menarik. Polos, bahkan terkesan kumuh. Sampah berserakan di jalan, rumput liar tumbuh di mana-mana. Selokannya pun kotor dan bau.

“Tapi sekarang, sejak ikut LRLA, kampung saya jadi berwarna, hiasannya,” kata Yusri.

Konsep penataan kampung berwarna dengan penuh cahaya lampu saat malam ini, menurut Yusri, merupakan inisiatif pemuda RT-nya. Para pemuda ingin mengubah kampungnya agar lebih menarik seperti destinasi wisata malam. Insiatif pemuda ini disetujui dan direalisasikan. Pertimbangannya, agar para pemuda dan anak-anak RT 02 betah bermain di kampung sendiri.

“Bahkan, kadang orang luar juga pada datang ke sini. Foto-foto gratis,” ungkap Yusri.

Seperti kebanyakan spot foto di RT lain. Spot foto di RT 02 juga dibuat dari bambu dan ban bekas, agar lebih menghemat anggaran. Pengecatan dan pembuatan spot foto ini, kata Yusri, dilakukan setiap sore hingga malam hari. Pengerjaannya oleh pemuda, dimulai setelah penilaian tahap pertama pada awal Mei 2020. “Alhamdulillah, semuanya kompak,” jelas Yusri.

Ia juga mengaku sudah menerima surat keputusan Lurah  Taktakan tentang pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan RT 02. ”Insya Allah, kita siap menuju penilaian tahap dua. Tinggal melengkapi peralatan keamanan di pos ronda,” tegasnya.

Lurah Taktakan Erlinawati menargetkan RT 02 bisa meraih gelar juara LRLA. Soalnya, perubahan yang terjadi di kampung itu benar-benar signifikan.

”Insya Allah, kami tidak akan membuat juri kecewa,” tukas Erlinawati. (mg06/don)