Kalah di Pilgub Banten, Megawati Tidak Ingin Terjadi di Pilkada Serentak 2018

0
2090

SERANG – Kekalahan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten beberapa bulan lalu menjadi catatan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal teresebut disampaikan Mega saat memimpin rapat konsolidasi di kantor DPD PDIP Provinsi Banten hari ini, Rabu (1/11).

“Pilgub dievaluasi oleh bu Mega, itu karena soliditasa dan kekompakan kader. Karena itu, jangan sampai terulang di Pilkada serentak,” kata Wasekjen DPP PDIP Ahmad Basarah saat konferensi pers setelah rapat konsolidasi.

Dalam Pilkada serentak tahun 2018 mendatang, PDIP menargetkan kemenangan di empat kabupaten kota yang melaksanakan Pilkada diantaranya Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Menurut Basarah, PDIP menilai dari empat daerah tersebut yang paling menarik adalah Kota Serang mengingat siapapun yang akan melenggang nanti memiliki kekuatan yang sama saat Pilkada nanti.

“Pilkada serentan (di) Banten yang sifatnya pasar bebas itu di Kota Serang,” katanya.

Karenanya, Basarah berharap pengurus di daerah lebih solid dan kompak dalam memperjuangkan calon yang akan diusung pada Pilkada serentak nanti.

Terkait kemungkinan akan berkoalisi denga Vera Nurlaila Jaman, menurut Basarah hal tersebut bisa saja terjadi, namun sejauh ini belum ditetapkan secara resmi. “Dalam politik yang sangat dinamis semua kemungkinan masih akan terjadi,” kata Basarah.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Provinsi Banten Asep Rahmatullah mengungkapkan, pengurus dan kader di daerah akan sekuat tenaga untuk memenangkan calon yang akan diusung di Pilkada serentak nanti.

“Dengan kehadiran ketua umum ke Banten menjadi spirit bagi kita semua untuk semakin solid,” kata Asep.

Terkait calon yang akan diusung, menurut Asep, dari sisi kader, PDIP akan mengusung Bambang Janoko. Namun belum dipastikan apakah bambang akan dicalonkan sebagai walikota atau walikota.

“Sejauh ini komunikasi yang intens dengan pak Ranta,” kata Asep saat ditanya dengan bakal calon mana saja komunikasi sudah intens dibangun. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)