Ekspresi pemain Portugal yang berhasil melaju ke babak final. Foto: EURO

PORTUGAL berhasil memperlihatkan tajinya pada laga semifinal melawan Wales. Sempat lambat di awal, Seleccao akhirnya mampu meraih kemenangan pertama mereka dalam 90 menit dengan skor 2-0, Kamis (7/7) di Parc Olympique Lyonnais.

Babak pertama berjalan begitu lambat. Kedua tim terlihat sangat berhati-hati dalam bermain. Permainan pragmatis kedua tim terlihat jelas. Portugal memang unggul penguasaan bola, tapi tidak terlalu efektif.

Sementara Wales masih mencari formula permainan terbaiknya karena Andy King yang menjadi pengganti Aaron Ramsey tak sebaik Danilo Pereira yang tampil sempurna sebagai pengganti William Carvalho.

Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale terlihat sangat kesulitan pada babak pertama. Keduanya harus menjemput jauh bola ke belakang karena pertarungan lini tengah yang terlalu keras dan agresif.

Skor kaca mata tak terhindari di babak pertama, dan penonton pun sedikit kecewa. Namun, semua berubah di babak kedua. Portugal berhasil memperlihatkan start yang sangat luar biasa.

Pada menit ke-50, Cristiano Ronaldo membuat gol istimewa. Berawal dari umpan tarik melengkung nan akurat dari Raphael Guerreiro, CR7 berhasil melompat sangat tinggi dan menanduk bola hingga masuk ke gawang Wales.

Gol ini membuat Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Euro menyamai rekor Michel Platini dengan sembilan gol.

Hal ini Portugal mendapat momentumnya. Benar saja, Wales yang terkejut akan gol tersebut harus kembali kebobolan hanya dalam jangka waktu tiga menit.

Ronaldo kembali memiliki peran pada gol ini. Sang pemain memberikan assist kepada Luis Nani yang mampu membobol gawang Wales.

Setelah dua gol tersebut, tempo permainan semakin cepat. Wales beberapa kali mencoba melakukan tekanan, tapi backfour Portugal tampil sangat disiplin.

Beberapa kesempatan Wales yang didapat dari bola mati berhasil dipotong dengan sempurna. Tembakan beberapa pemain depan mereka juga mampu ditepis dengan apik oleh Rui Patricio.

Malah Portugal yang acap mendapat kesempatan dari serangan balik cepat. Namun, tak ada perubahan dari sisi skor. Portugal lolos ke final Euro 2016 dengan kemenangan 2-0. (rap/JawaPos.com)

Susunan Pemain

Portugal (4-4-2): Patricio; Raphael, Alves, Fonte, Soares; Mario, Adrien (Moutinho 78′), Danilo, Renato Sanches (Andre Gomes 74′); Ronaldo, Nani (Quaresma 85′)

Wales (5-3-2): Hennessey; Taylor, Chester, Williams, Collins (Williams 66′), Gunter; King, Ledley (Vokes 58′), Allen; Bale, Robson-Kanu (Church 63′)